Telkomsel Akan Upgrade Layanan 3G ke 4G Secara Bertahap

  • Share

iniborneo, Jakarta – Mendukung arahan pemerintah melalui Kemkominfo RI, Telkomsel akan upgrade seluruh jaringan 3G ke 4G/LTE secara bertahap dan terukur pada 2022. Telah berkoordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan terkait untuk memastikan proses upgrade layanan 3G ke 4G/LTE tersebut sesuai dengan ketentuan yang berlaku, Telkomsel juga memastikan kenyamanan pelanggan akan tetap terjaga selama proses upgrade layanan 3G ke 4G/LTE berlangsung.

Kami harap, langkah ini mampu mengoptimalkan lebih banyak potensi di berbagai wilayah melalui transformasi digital lintas sektor yang lebih terakselerasi, sehingga dapat memperkuat ekonomi digital nasional ke depan. Upgrade seluruh layanan 3G ke 4G/LTE ini juga menjadi bentuk dukungan terhadap upaya pemerintah dalam menghadirkan konektivitas digital dengan kualitas prima yang merata hingga pelosok negeri,” kata Direktur Utama Telkomsel, Hendri Mulya Syam.

Telkomsel juga memastikan bahwa proses upgrade layanan 3G ke 4G/LTE ini telah melalui tahap pengkajian, perencanaan serta persiapan yang matang. Hal tersebut mencakup kesiapan infrastruktur dan teknologi, jaminan kenyamanan pelanggan selama proses upgrade berlangsung, hingga kesesuaian dengan perundangan di sektor telekomunikasi dan perlindungan konsumen, yang berlaku di Indonesia. Untuk itu, Telkomsel secara berkala telah berkomunikasi dan berkoordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan terkait, mulai dari Kemkominfo RI, hingga lembaga/institusi konsumen seperti Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN)  hingga Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI).

Direktur Network Telkomsel, Nugroho menambahkan, “Standar QoS (quality of service) juga terus akan diupayakan terjaga guna memenuhi standar aturan yang berlaku agar kenyamanan pelanggan tetap terjaga.” Ia juga melanjutkan bahwa layanan 4G/LTE, untuk pelanggan ritel (B2C) dapat menikmati pengalaman aktivitas digital yang lebih baik dibandingkan dengan layanan 3G, seperti streaming video dan music digital, video conference, bermain game online, hingga layanan VoLTE yang akan memberikan pengalaman yang berbeda ketika menikmati layanan voice dan broadband secara bersamaan.

Seiringdengan dilakukannya upgrade layanan tersebut,Telkomselmengajak para pelanggan yang saat ini masih menggunakan layanan 3G untuk segera beralih ke layanan 4G/LTE.

“Kami juga berharap dukungan seluruh pihak dan pemangku kepentingan terkait dalam membantu proses upgrade layanan 3G ke 4G/LTE ini. Kolaborasi dengan pemerintah, para mitra pendukung seperti mitra infrastruktur, mitra teknologi hingga mitra penyedia device juga akan semakin membantu percepatan adopsi dan adaptasi layanan 4G/LTE secara lebih inklusif dan merata, di seluruh pelosok negeri,” tutup Hendri.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *