Es Timun Serut ala Ibu-ibu Desa Amang, Praktis Lagi Ekonomis

  • Share

INIBORNEO.COM, Landak – Kenikmatan Es Timun Marjan sebagai pelepas dahaga dikala cuaca sedang panas-panasnya, memang tak pernah diragukan lagi. Rasanya yang manis dan menyegarkan membuat semua kalangan dari tua sampai muda senang mencicipi bahkan rela merogoh kocek hanya untuk membeli kesegaran dari segelas Es Timun Marjan ini.

Dari kesegaran Es Timun Marjan itulah yang menginspirasi sukarelawan Mak Ganjar untuk mengadakan pelatihan membuat Es Timun Marjan kepada ibu-ibu yang berada di Desa Amang, Kecamatan Ngabang, Kabupaten Landak.

Koordinator Mak Ganjar Kalbar, Siti Sayamah mengatakan kegiatan tersebut dilaksanakan agar ibu-ibu di Desa Amang bisa produktif dan kreatif dalam membuat minuman ringan yang bernilai ekonomis.

“Kami mengadakan pelatihan ini bertujuan agar ibu-ibu di sini bisa lebih kreatif dalam membuat hidangan. Karena minuman ini memiliki nilai ekonomi yang tinggi jika ditekuni,” kata dia dalam siaran persnya, Minggu (27/8).

Dia menambahkan kegiatan tersebut mendapatkan antusiasme yang tinggi dari masyarakat. Banyak para peserta khususnya ibu-ibu mengikuti pelatihan tersebut.

Dia berharap kegiatan tersebut menjadi awal untuk ibu-ibu untuk lebih aktif dan kreatif untuk membangun jiwa pengusaha meskipun dalam bentuk kecil.

Dalam kegiatan tersebut, perempuan pendukung Ganjar Pranowo itu memberikan pemaparan tentang cara membuat minuman Es Timun Marjan.

Sehingga nantinya bisa menjadi suatu kesibukan yang bisa menghasilkan sumber ekonomi. “Semoga dengan membuka usaha ibu-ibu di sini bisa membantu ekonomi keluarga,” tuturnya.

Nurwanti salah satu peserta pelatihan mengungkapkan kegembiraan kepada Mak Ganjar yang sudah mengadakan kegiatan tersebut. Ia mengungkapkan ketertarikannya mengikuti pelatihan membuat es timun marjan ini.

“Ibu-ibu cukup antusias mengikuti kegiatan tersebut dan berterimakasih pada Mak Ganjar atas kehadirannya di Desa Amang,” kata Nurwanti.

Bagi yang ingin ikut mencoba membuat Es Timun Marjan ala ibu-ibu Desa Amang, berikut bahan-bahan dan cara membuatnya yang langsung dijelaskan oleh tim Mak Ganjar.

Bahan-bahan: timun, sirup marjan, gula, air putih, dan es batu. Sementara itu, alat-alatnya disiapkan adalah parutan dan pisau.

Cara membuat: pertama kupas kulit timun kemudian diparut. Selanjutnya masukkan kedalam wadah, masukkan sirup dan gula sampai dirasa manis. Terakhir, masukkan es batu.

Es Timun Serut Marjan siap dinikmati. (*)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *