Bank Indonesia Resmi Luncurkan Laporan Perekonomian Indonesia (LPI) 2023: “Sinergi Memperkuat Ketahanan dan Kebangkitan Ekonomi Nasional”

  • Share
LPI 2024

INIBORNEO.COM, Pontianak – Bank Indonesia dengan bangga mengumumkan peluncuran Laporan Perekonomian Indonesia (LPI) 2023 pada hari ini. Laporan ini tidak hanya menjadi wujud transparansi pelaksanaan kebijakan Bank Indonesia, tetapi juga sebagai respons terhadap amanat pasal 58 ayat (7) dari UU No. 23 Tahun 1999 tentang Bank Indonesia yang telah diubah beberapa kali, terakhir dengan UU No. 4 Tahun 2023 tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan.

Dengan mengangkat tema “Sinergi Memperkuat Ketahanan dan Kebangkitan Ekonomi Nasional,” LPI 2023 memberikan evaluasi mendalam terkait pelaksanaan kebijakan Bank Indonesia pada tahun 2023. Laporan ini juga mencakup arah kebijakan dan sasaran yang ingin dicapai pada tahun 2024, serta membahas isu-isu penting seperti Keketuaan Indonesia dalam ASEAN 2023 dan Penguatan Kebijakan Hilirisasi untuk Kebangkitan Ekonomi.

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, menyampaikan tiga pelajaran penting yang dapat diambil dari perjalanan ekonomi Indonesia pada tahun 2023. Pertama, rasa syukur, optimisme, dan kewaspadaan. Indonesia mencatatkan ekonomi yang salah satu terbaik di dunia pada tahun 2023, dengan stabilitas yang tetap terjaga, meskipun dihadapkan pada tantangan gejolak perekonomian global. Optimisme pun diungkapkan untuk prospek perekonomian Indonesia pada 2024, namun tetap dengan kewaspadaan terhadap potensi risiko dari ketidakpastian global.

Kedua, Bank Indonesia terus memperkuat bauran kebijakan. Fokus kebijakan moneter adalah menjaga stabilitas, sementara empat kebijakan lainnya, yaitu kebijakan makroprudensial, sistem pembayaran, pendalaman pasar uang, serta ekonomi-keuangan inklusif dan hijau, diarahkan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.

Ketiga, sinergi bauran kebijakan ekonomi nasional. Bank Indonesia terus memperkuat sinergi dengan Pemerintah, Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK), asosiasi, dunia usaha, media massa, dan akademisi. Sinergi ini membawa pada ketahanan ekonomi 2023 dan kebangkitan menuju Indonesia Maju.

Peluncuran LPI 2023 dihadiri secara online oleh Pj. Gubernur Provinsi Kalimantan Barat, Harisson, dan Kepala KPwBI Provinsi Kalimantan Barat, Anggini Sari. Mereka didampingi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Mempawah, Asisten II Perekonomian Provinsi Kalimantan Barat, dan Kepala Biro Perekonomian Provinsi Kalimantan Barat di Mempawah Command Center.

Masyarakat dapat terus mengikuti perkembangan informasi kebijakan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Barat melalui platform digital Instagram @bank_indonesia_kalbar.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *