Normah Medical Specialist Center Perkenalkan 3 Alat Hi-tech Terkini

  • Share

INIBORNEO, Kuching – Premier Sarawak Tan Sri Abang Johari Abang Openg meresmikan Laboratorium Kardiovaskular, MSCT, dan MRI dengan pemanfaatan sistem dan teknologi kedokteran terkini di Normah Medical Specialist Centre (NMSC), Senin (3/10). Tiga teknologi terbaru ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pengobatan dan perawatan kesehatan pasien di rumah sakit negeri Sarawak tersebut.

“Teknologi terbaru ini diharapkan semakin meningkatkan quality care terhadap pasien. Dapat memberikan perawatan pasien dengan lebih baik, lebih akurat, tepat waktu dan dapat diandalkan untuk para pasien yang berobat di sana,” ujar Datok Abang Johari, panggilan akrabnya.

Datok Abang Johari menyebutkan, Normah merupakan rumah sakit private pertama dan sudah berusia lebih dari 30 tahun. Sehingga ia meyakini dengan adanya teknologi teranyar ini, Normah akan terus maju dan bertahan.

“Kita tahu, Normah sudah berumur 30 lebih tahun, boleh tahan lagi 30 tahun dan akan terus bertahan 30 tahun lagi. Kita harus bergandengan tangan melewati teknologi ini agar bisa menaikkan quality care di rumah sakit ini. Kita akan terus meningkatkan standar Normah dalam health care sistem,” ucapnya.

Adapun tiga alat terbaru yang diresmikan tersebut adalah, Laboratorium Kardiovaskular (Cath Lab) Teknologi Tinggi Azurion 3, Yakni alat intervensi jantung generasi ke-3, dengan teknologi yang dilengkapi IVUS Intrasight (Sistim terapi yang dipandu gambar). Kedua 256-Slice Multi Detector Revolution Frontier 2.0 Computed Tomography (MSCT) Scanner. Dan yang ketiga 1.5 Tesla Magnetic Resonance Imaging (MRI) Signa Explorer.

CEO and Managing Director Normah Datuk Dr Au Yong Kien Hoe dalam rilisnya menjelaskan, Laboratorium Kardiovaskular terbaru di sana bisa melayani berbagai macam penyakit jantung. Termasuk kasus darurat serangan jantung, gagal jantung, dan detak jantung tidak teratur.

Selain itu, pengobatan untuk angiogram koroner, angioplasti koroner, pemasangan ring jantung, dan implantasi alat pacu jantung. Juga prosedur lain yang lebih kompleks seperti penyakit pembuluh darah perifer, embolisasi, dan lainnya. Alat ini juga memiliki dosis radiasi yang lebih rendah. Dengan peningkatan terapi yang dipandu gambar sistem, ahli jantung dapat menilai dan merencanakan prosedur yang lebih canggih dengan akurasi dan presisi yang lebih besar, serta bekerja lebih cepat dan lebih mulus.

“Sehingga mampu merawat lebih banyak pasien setiap hari. Pasien di Kalimantan dan sekitarnya kini punya pilihan untuk pelayanan jantung dengan menggunakan teknologi terkini.

Sementara, untuk MSCT Scanner terbaru, memiliki pemindai yang memungkinkan tenaga medis mencapai diagnosis yang benar secara mudah dan efektif. Alat tersebut mampu membuat kualitas gambar yang lebih baik, gambar organ yang lebih tepat dan jelas, cakupan detektor yang lebih besar, baik itu arteri koroner, otak, perut, atau pemindaian panggul. Dengan hasil gambar yang lebih baik tentu akan sangat membantu spesialis menjalankan prosedur dan diagnosis.

Sedangkan untuk MRI, menjadi yang pertama dan satu-satunya di Malaysia. Dilengkapi dengan Air Recon Deep Learning serta menggunakan Artificial Intelligence (Al), alat ini mampu menghasilkan kualitas gambar lebih baik, tidak ada radiasi pada pasien, dan waktu scan lebih cepat 50 persen dibandingkan mesin yang ada sebelumnya.

Tak hanya itu, mesin ini juga dilengkapi dengan silent protokol di mana suara ketukan selama pemindaian jauh berkurang. Pasien juga akan diberikan headset peredam bising dengan musik untuk kenyamanan yang lebih selama pemindaian, serta banyak lagi keunggulan lainnya.

Hadirnya Revolution Frontier (MSCT) itu dapat melakukan pemindaian pasien sambil bernafas, sehingga untuk pemindaian di area perut dan dada, pasien tidak perlu menahan nafas selama akuisisi gambar.

“Yang pasti dengan diperkenalkannya ketiga teknologi medis terkini dan pemanfaatan sistem terbaru tersebut Normah Medical Specialist Cente dapat meningkatkan standar dan kualitas perawatan kelas dunia di wilayah ini,” tutupnya.

Sedikit tentang Normah Medical Specialist Centre adalah sebuah Pusat pelayanan kesehatan di Kuching, Sarawak, Malaysia. Rumah Sakit Spesialis ini berada di bawah Sarawak Medical Centre Sdn Bhd. Berdiri pada tahun 1988 dimiliki oleh SFS Inc, sebuah perusahaan di bawah Pemerintah Sarawak. Memiliki 130 tempat tidur untuk pembedahan dan pengobatan.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *