BP2MI Kukuhkan Kawan PMI di Kalbar, Fokus pada Perlindungan Pekerja Migran

  • Share

INIBORNEO.COM, Pontianak – Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) resmi mengukuhkan sebanyak 70 penggerak Komunitas Relawan Pekerja Migran Indonesia (Kawan PMI) Provinsi Kalimantan Barat, Rabu (2/10/2024). Acara tersebut juga menjadi momen penting dengan dilakukannya pencanangan dan penandatanganan pakta integritas Kawan PMI, serta pembekalan kepada para relawan yang akan berperan dalam melindungi Pekerja Migran Indonesia (PMI).

Deputi Bidang Penempatan dan Pelindungan Eropa dan Timur Tengah BP2MI, Irjen Pol I Ketut Suardana, dalam sambutannya menegaskan bahwa BP2MI berkomitmen untuk memperkuat perlindungan terhadap PMI yang akan bekerja di luar negeri. “Dengan dibentuknya Kawan PMI ini, kami berharap komitmen yang kuat dan integritas yang baik dapat diterapkan. Kawan PMI diharapkan mampu menyebarkan informasi hingga ke tingkat desa,” ujar Ketut Suardana.

Kawan PMI memiliki peran strategis dalam penyebarluasan informasi dan sosialisasi terkait perlindungan PMI, melakukan pendampingan serta advokasi bagi PMI dan keluarga mereka, serta mencegah terjadinya praktik ilegal dalam perekrutan Pekerja Migran Indonesia. Pembentukan Kawan PMI di Kalbar ini diharapkan dapat memperkuat upaya BP2MI dalam memastikan keselamatan dan kesejahteraan para PMI di luar negeri.

Dengan dukungan penuh dari BP2MI, para relawan Kawan PMI di Kalbar siap menjalankan tugasnya demi perlindungan hak-hak PMI dan keluarganya, serta mengurangi risiko pekerja migran terjebak dalam proses yang ilegal atau tidak aman.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *