Sinergi DJPb Kalbar dan Pemda Kapuas Hulu Dorong Ekonomi Perbatasan

  • Share
Kepala Kanwil DJPb Kalbar, Imik Eko Putro

INIBORNEO.COM, Putussibau – Pelaksanaan penandatanganan MoU antara Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kalbar dan Pemda Kapuas Hulu di gelar di Ruang Sidang Paripurna Gedung DPRD Kabupaten Kapuas Hulu, Selasa (7/6/2022).

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Kepala Kanwil DJPb Provinsi Kalimantan Barat, Imik Eko Putro dan Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan, S.H. Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh perwakilan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Kapuas Hulu serta Kepala KPPN Putussibau, KP2KP Putussibau, dan KPPBC TMP C Nanga Badau sebagai wakil dari kantor vertikal Kementerian Keuangan yang ada di Kapuas Hulu. 

Pelaksanaan penandatanganan MoU ini juga merupakan wujud kehadiran langsung Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan di Kalimantan Barat untuk memperkuat pengelolaan keuangan. MoU memungkinkan Pemda dan Kanwil DJPb untuk melakukan pertukaran data seperti data APBD dan data lain misalnya data potensi investasi di daerah. Selanjutnya, data ini akan dianalisis lebih lanjut oleh DJPb dengan melibatkan ahli dan akademisi untuk memberikan masukan kepada Pemda melalui: Laporan Asset Liability Commite (ALCo) dan Kajian Fiskal Regional.

Dalam kesempatan tersebut, Imik Eko Putro menyampaikan bahwa dengan adanya MoU ini diharapkan pengelolaan keuangan negara di daerah semakin menuju kearah perbaikan sehingga dapat mewujudkan pengelolaan keuangan yang terpercaya. 

Dalam pidato sambutannya, selain menyampaikan kinerja pelaksanaan Dana Transfer ke Daerah, Imik juga memaparkan kinerja pelaksanaan APBN dan APBD di Kab. Kapuas Hulu, penyaluran pembiayaan KUR dan UMi, serta potensi dan sektor unggulan yang dapat dioptimalkan di Kapuas Hulu baik melalui obyek wisata alam yang sudah ada maupun melalui komoditas ekspor Kapuas Hulu seperti ikan arwana, madu kelulut, dan daun kratom. 

Sebagai bentuk dukungan terhadap UMKM dan sektor potensial tersebut, Imik menyampaikan bahwa Kanwil DJPb Kalimantan Barat telah mencanangkan program SeIBU (SEmua Ikut Bantu UMKM) dan program SeBaPaK (Semua Bantu Pariwisata Kalbar).

Acara penandatanganan MoU ini ditutup dengan agenda ramah tamah antara Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Barat beserta jajaran dengan Bupati Kapuas Hulu beserta jajaran. Pada agenda ramah tamah tersebut Kepala Kanwil DJPb Kalbar, Imik Eko Putro, melaksanakan program bincang khusus dengan Bupati Kapuas Hulu yang dikemas dalam program Ngopi Darat (Ngobrol Bersama Pimpinan Daerah Lingkup Kalimantan Barat).

Melalui forum tersebut Imik menyampaikan bahwa Kapuas Hulu yang memilki banyak potensi perlu dorongan dan perhatian khusus melalui peran fiskal pusat dan daerah agar potensi yang ada dapat lebih dioptimalkan, terlebih dengan posisi Kapuas Hulu yang berbatasan langsung dengan negara tetangga mampu memberikan kontribusi yang besar bagi perekonomian.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.