Mirip TikTok Aplikasi dari Cina Ini Populer di Amerika

  • Share

INIBORNEO.COM, PONTIANAK – Zynn, aplikasi video asal Cina kedua dari Kuaishou, hanya membutuhkan satu bulan sejak peluncuran pada Mei, untuk menjadi aplikasi gratis terpopuler di Apple App Store AS dengan jumlah pengguna baru yang terus bertambah.

Aplikasi ini memungkinkan penggunanya melihat feed berisi video pendek yang menampilkan pengguna lain sedang menari atau beraktivitas dengan latar suara musik.

Namun, dikutip dari AFP pada Minggu, 7 Juni 2020, sebagian pengguna mengatakan Zynn mirip TikTok.

Yang membedakannya adalah Zynn menyodorkan hadiah uang kepada pengguna di AS dan Kanada apabila mereka mengajak rekan-rekannya mengunduh aplikasi itu.

Jika teman yang diundang mengunduh aplikasi kemudian tercatat aktif menggunakan platform tersebut, Zynn memberikan uang hingga 20 dolar AS kepada pengundang itu. Zynn juga memberikan poin dalam jumlah tertentu yang dapat diuangkan kepada pengguna yang ogah membuat konten video dan lebih gemar menyaksikan timeline.

Dalam hal itu, Zynn meniru aplikasi agregator berita AS, Qutoutiao, yang disebut sebagai aplikasi pertama yang memberikan uang tunai untuk menjaring pengguna baru. Metode pembayaran seperti itu dianggap berisiko, namun digunakan untuk menarik minat pengguna aplikasi secara jangka panjang.

Hal yang akan diteliti Zynn adalah, apakah orang-orang di Amerika Serikat itu memakai aplikasi itu karena uang atau mereka memang tertarik memakai aplikasi sehingga hadiah itu hanyalah keuntungan sekunder. (papiadjie)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *