ASTON Pontianak Sosialisasi HIV/AIDS dalam Peringatan Hari AIDS Sedunia

  • Share
sosialisasi HIV AIDS di Aston Pontianak

INIBORNEO.COM, Pontianak – Dalam rangka memperingati Hari AIDS Sedunia, ASTON Pontianak bersama Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Pontianak menggelar Acara Sosialisasi HIV/AIDS. Kegiatan ini berlangsung pada Kamis, 30 November 2023 dan dihadiri oleh sekitar 50 orang karyawan dari berbagai departemen.

KPA Kota Pontianak, yang diwakili oleh Lusi Nuryanti dan empat anggota lainnya, memberikan pengetahuan dasar tentang HIV/AIDS serta kondisi terkini perkembangan AIDS di Kota Pontianak.

“ODHA atau orang dengan HIV/AIDS di Kota Pontianak dalam kurun waktu 8 tahun mencapai sekitar 1000 orang. Dari jumlah tersebut, jika dirangkum secara pekerjaan, didominasi oleh ibu rumah tangga,” tutur Menurut Lusi Nuryanti, Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS Kota Pontianak.

Arifin, yang mewakili pihak manajemen dan menjabat sebagai Public Relations Manager ASTON Pontianak, menyampaikan tujuan dari sosialisasi ini.

“Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan informasi yang jelas tentang penyebaran AIDS agar tidak terjadi stigma negatif terhadap ODHA di lingkungan karyawan baik di tempat kerja maupun tempat tinggal masing-masing. Sosialisasi ini sangat penting untuk karyawan sehingga setidaknya bisa memberikan pengetahuan yang benar tentang AIDS, minimal bagi lingkungan keluarganya.”

Dalam kegiatan sosialisasi, KPA Kota Pontianak memberikan pemaparan mulai dari perbedaan HIV dan AIDS, proses penularan, pencegahan di lingkungan tempat tinggal dan tempat kerja, hingga cara menghindari tertular atau terkena HIV/AIDS. Kegiatan ini menjadi sarana edukasi bagi karyawan ASTON Pontianak Hotel & Convention Center.

Peringatan Hari AIDS Sedunia tahun 2023 mengusung tema besar “Let Communities Lead” yang artinya “Biarkan Masyarakat yang Memimpin.” Tema ini menekankan tanggung jawab bersama di masyarakat melalui keterlibatan semua pihak dan komunitas. Slogan “Jauhi Virusnya, bukan Orangnya” menjadi panggilan untuk aktif terlibat dalam upaya pencegahan AIDS dan menghilangkan stigma negatif terhadap ODHA. Dengan upaya ini, diharapkan masyarakat dapat bersatu dalam mengatasi permasalahan global ini.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *