RS KPJ Kuching Perkenalkan ROSA, Robot Ortopedi Pertama Di Sarawak

  • Share

INIBORNEO.COM, Sarawak – Rumah Sakit KPJ (Kumpulan Perubatan Johor) Kuching Specialist Hospital di Sarawak, Malaysia memperkenalkan teknologi terbaru pembedahan lutut yang disebut dengan Robotic Surgical Assistance (ROSA). Teknologi ini diklaim lebih efektif dan efisien dengan tingkat akurasi hingga 99 persen dan masa pemulihan yang relatif cepat. 

Doctor Orthopeadi Surgeon KPJ Kuching Sarawak Dr. Lee Woo Guan sudah melakukan operasi ortopedi selama belasan tahun. Ia menjelaskan, ROSA dirancang khusus untuk membantu ahli ortopedi yang telah terlatih secara khusus dalam menyesuaikan penempatan implan lutut pada pasien yang menjalani operasi penggantian lutut. 

“Kenapa masih perlu robot? Walaupun operasi penukaran sendi dengkul ini sudah sangat maju tapi dari pengkajian scientist di dunia masih ada 19 persen pasien yang menjalani penukaran sendi dengkul masih tidak begitu gembira dengan hasil pembedahan.

Namun dengan adanya ROSA, meningkatkan akurasi pemasangan implan sehingga pasien mendapatkan pengalaman yang lebih aman dengan minim resiko. Bahkan untuk kasus pembedahan yang rumit sekalipun,” jelasnya.

Ia memaparkan beberapa keunggulan operasi dengan menggunakan teknologi robot ini. Selain luka operasi yang tidak membekas, masa pemulihan untuk pasien yang menggunakan teknologi ROSA lebih cepat dibandingkan dengan operasi dengan metode biasa.

Jika operasi biasa memakan waktu hingga 6 minggu untuk pemulihan, tidak dengan ROSA yang hanya membutuhkan kurang dari seminggu untuk masa penyembuhannya. 

“Kurang dari seminggu pasien bahkan sudah bisa bekerja seperti biasa. Kalau sebelumnyaa mungkin perlu 4-6 minggu untuk pemulihan. Teknologi ini bahkan dapat memantau bukan hanya bagian lutut saja tetapi keseluruh kaki dari pinggul hingga engkel,” jelasnya lagi. 

Bukan hanya waktu pemulihan saja yang cepat, waktu yang dijalani untuk operasi juga lebih singkat. Hanya sekitar 15 menit saja, dibandingkan dengan operasi biasa yang dapat menghabiskan waktu satu jam di ruang operasi.

Teknologi muktahir ini dapat menjadi alternatif yang lebih baik untuk pasien internasional yang tidak ingin berlama-lama menjalani rawat inap di rumah sakit.

Mengingat jumlah pasien di RS KPJ Kuching separuhnya merupakan pasien internasional yang dominan berasal dari Indonesia.

Operasi dengan teknologi ROSA ini dibanderol dengan harga mulai dari 32 ribu Ringgit Malaysia atau sekitar 100 juta rupiah untuk pemasangan implan satu sendi. 

Dengan adanya ROSA menjadikan RS KPJ Kuching sebagai rumah sakit pertama di Sarawak yang memiliki teknologi ini. 

  • Share