Bank Kalbar Sabet Bintang 5 Ajang Top BUMD Awards 2023 

  • Share
Bank Kalbar menyabet penghargaan TOP BUMD Awards 2023 dengan meraih bintang 5 kategori BPD untuk pertama kalinya.

INIBORNEO.COM, Jakarta – Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kalimantan Barat atau lebih dikenal dengan Bank Kalbar kembali menorehkan prestasi cemerlang. Bank ini berhasil meraih penghargaan TOP BUMD Awards 2023. Penghargaan bertambah spesial karena bank ini meraih predikat bintang 5 kategori BPD untuk pertama kalinya.

Dua penghargaan lainnya juga diterima dalam ajang bergengsi tingkat nasional tersebut. Kedua penghargaan itu adalah Gubernur Kalbar Sutarmidji sebagai Top Pembina BUMD 2023 dan Direktur Utama Bank Kalbar Rokidi sebagai Top CEO BUMD 2023.

Direktur Utama Bank Kalbar Rokidi mengungkapkan rasa syukur kehadirat Allah SWT atas penghargaan yang diterimanya sebagai Top CEO BUMD 2023 serta rasa bangga atas kinerja perusahaan yang dipimpinnya itu. 

“Pertumbuhan kinerja Bank Kalbar dari tahun ke tahun secara sustainable serta berbagai inovasi dan kolaborasi dengan seluruh Pemerintah Daerah di Kalimantan Barat yang dilakukan dalam rangka mendukung pertumbuhan perekonomian di Kalimantan Barat turut berkontribusi membuat peringkat penghargaan merangkak naik dari TOP BUMD Awards BPD Bintang 4 di tahun sebelumnya menjadi TOP BUMD Awards 2023 BPD Bintang 5 di tahun 2023,” paparnya Rokidi.

Didi Haryono selaku Komisaris Utama Bank Kalbar turut merasa haru dan bangga atas capaian kinerja yang ditorehkan Bank Kalbar sehingga pada akhirnya sorotan mata pihak independen terfokus pada Bank milik Pemerintah Daerah Kalimantan Barat ini. Bank Kalbar dianggap pantas untuk diberikan penghargaan sebagai TOP BUMD Award 2023 BPD Bintang 5 pada tahun 2023 ini. 

Lantas Didi menyebut ,”kalau di jajaran kepolisian bintang lima ini merupakan pangkat tertinggi yaitu Jendral,” katanya.

Ucapan selamat disampaikan pula kepada Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji yang dinobatkan sebagai TOP Pembina BUMD 2023. Dalam momen itu, Sutarmidji diwakili oleh Ignasius selaku Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Provinsi Kalimantan Barat. 

Baca juga : Bank Kalbar Gelar Donor Darah dan Salurkan Bantuan Kendaraan ke PMI

Ignasius mewakili Gubernur Kalbar menyatakan, penghargaan yang diraih tersebut bukanlah merupakan suatu hal yang mudah, melainkan penuh perjuangan. “Apalagi penghargaan ini tingkat nasional, yang sudah barang tentu saingannya dari BUMD terbaik dari berbagai daerah di seluruh Indonesia,” tuturnya.

Ignasius mengungkapkan, penilaian yang dilakukan tentunya diambil dari segi pencapaian kinerja bisnisnya baik dan berkelanjutan. Selain itu, juga dari sisi perbaikan dan inovasi, berkontribusi besar dalam pembangunan daerah, dan memiliki strategi/inovasi untuk mendukung bisnis di masa pandemi atau kenormalan baru. 

Menurut Ignasius, terdapat perubahan yang luar biasa semenjak kepemimpinan Rokidi sebagai Direktur Utama. Perubahan yang besar tersebut, mulai dari Inovasi digital banking hingga kebijakan-kebijakan di sisi internal yang memacu peningkatan kinerja. Perubahan ini terbukti memberikan banyak perubahan. Mulai dari peningkatan laba dan meminimalisir kredit bermasalah. Dan pada akhirnya juga berdampak pada peningkatan deviden kepada Pemerintah Daerah serta kesejahteraan pegawai. 

Meski demikian, kata Ignasius, orientasi sosial juga tidak ditinggalkan. Bank Kalbar tidak hanya mengutamakan keuntungan semata. Namun, juga mengedepankan kepedulian sosial. Bank Kalbar memiliki banyak program CSR kepada Pemerintah Daerah, antara lain bantuan kendaraan ambulance, truk sampah, pemadam kebakaran, tanggap darurat bencana berbentuk bantuan sembako dan lainnya. 

“Memang kita dorong untuk terus meningkatkan kinerja dengan selalu berupaya memberikan suntikan modal agar Bank Kalbar lebih leluasa berinovasi dan meningkatkan kinerjanya. Ini terbukti deviden kita semakin meninggi setiap tahunnya dan kesejahteraan meningkat,” jelas Ignasius. 

Dia menyampaikan pesan dari gubernur agar jajaran manajemen serta seluruh pegawai Bank Kalbar tidak cepat berpuas diri atas prestasi yang diraih. Terus lakukan Inovasi dan berikan layanan terbaik kepada seluruh masyarakat Kalimantan Barat. 

Kegiatan TOP BUMD Awards ini diselenggarakan oleh Majalah Top Business (diterbitkan PT Madani Solusi Internasional), bekerjasama dengan Institut Otonomi Daerah (i-OTDA) dan beberapa Lembaga, Asosiasi dan Konsultan Bisnis, seperti LKN (Lembaga Kajian Nawacita), SGL Management, PPM Manajemen, Sinergi Daya Prima, Dwika Consulting, Melani K Harriman & Associate, dan Solusi Kinerja Bisnis, serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis – Universitas Padjadjaran Bandung, dengan melibatkan Dewan Juri sekitar 10 Profesor, beberapa Doktor, serta para Praktisi dan Konsultan Bisnis. 

TOP BUMD Awards adalah satu-satunya kegiatan corporate rating (penilaian kinerja BUMD) yang terbesar dan paling membanggakan di Indonesia. TOP BUMD Awards merupakan penghargaan yang diberikan kepada BUMD-BUMD Terbaik di Indonesia, atas Achievement (prestasi), Improvement (perbaikan), dan Contribution (Kontribusi) BUMD yang telah dilakukan, terkait kinerja bisnis, layanan, dan kontribusi terhadap perekonomian daerah. 

Raih Penghargaan Economic Review

Pada waktu yang sama, Bank Kalbar juga menerima penghargaan dari Economic Review dalam ajang Indonesia Corporate Secretary & Communication Award VIII 2023 sebagai 3 rd The Corporate Secretary & Communication Award 2023 – Gold Award – Kategori : Regional Development Bank – Asset Rp.20 T – Rp.28 T. 

Penerimaan penghargaan Indonesia Corporate Secretary & Communication Award VIII 2023 yang bertemakan “Synergy & Collaboration of Communication & Corporate Secretary In The Digital era and Contribute to National Economic Recovery 2023-2024” di wakili oleh Rizki Hadi selaku Pemimpin Bank Kalbar Kantor Cabang Jakarta.

“Selalu kita tanamkan kepada seluruh jajaran manajemen dan karyawan untuk bekerja keras tanpa disuruh, disiplin tanpa diawasi, dan bekerja secara jujur. Harapannya, bisa semakin baik ke depan. Namun, tentu harus diimbangi dengan semangat kerja,” tutup Rokidi. (adv)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *