Bank Indonesia Pastikan Ketersediaan Uang Menjelang Nataru Terpenuhi

  • Share

INIBORNEO.COM, Pontianak – Menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2023, Bank Indonesia memastikan bahwa ketersediaan uang rupiah akan terpenuhi dengan memperluas layanan kas, khususnya penukaran uang.

“Kami mempersiapkan uang tunai sebesar 4,2 triliun rupiah dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2023,” kata Agus Chusaini, Kepala Bank Indonesia Kalimantan Barat.

Ia juga menambahkan bahwa penukaran akan dilakukan di seluruh perbankan di wilayah Kalbar pada setiap hari kerja.

Pada akhir November 2022, perbankan telah menyampaikan proyeksi kebutuhan uang tunai untuk meIakukan pelayanan ke masyarakat, yaitu sebesar 2.9 triliun rupiah dengan dominasi pecahan 100 ribu rupiah dan 50 ribu rupiah, baik secara nominal maupun jumlah bilyet.

Sampai 20 Desember 2022, telah terealisasi penarikan oleh perbankan sebesar 1,7 triliun rupiah. Realisasi secara nominal didominasi oleh pecahan 100 ribu rupiah berkisar 63,19 persen dan 50 ribu rupiah berkisar 32,41 persen.

Sedangkan dari sisi jumlah bilyet penarikan didominasi oleh pecahan 50 ribu rupiah berkisar 30,34 dan 100 ribu rupiah berkisar 29,57 persen.

Selain uang tunai, Bank Indonesia juga mendorong penggunaan transaksi non-tunai dengan melakukan edukasi QRIS kepada masyarakat, digitalisasi pasar, program ASN digital, dan sinergi program digitalisasi dengan stakeholders lainnya.

“Harapannya, program-program tersebut dapat mendukung dalam mencapai target 15 juta pengguna QRIS di tahun 2022 se-Indonesia,” tukas Agus.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *