Kenali Desain Uang Rupiah Baru

  • Share
Bank Indonesia baru saja merilis uang Rupiah kertas tahun emisi 2022 pada 17 Agustus 2022. Uang rupiah baru ini sudah berlaku dan siap untuk ditukarkan masyarakat.

INIBORNEO.COM, Pontianak — Bank Indonesia baru saja merilis uang Rupiah kertas tahun emisi 2022 pada 17 Agustus 2022 dengan desain yang berbeda. Uang rupiah baru ini sudah berlaku dan siap untuk ditukarkan masyarakat.

“Uang Rupiah kertas TE 2022 ini memberikan 3 aspek baru yakni penguatan desain, penguatan unsur keamanan dan penguatan bahan uang,” kata Agus Chusaini, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kalbar.

Ia melanjutkan bahwa desain uang rupiah kertas baru ini masih menggunakan latar belakang, peran dan daerah masing-masing pahlawan yang sama dengan uang rupiah kertas lama, namun ada beberapa sedikit perbedaan antara lain:

  1. Ketajaman warna, terutama pada pecahan Rp.2.000 yang berubah menjadi abu-abu.
  2. Keseragaman watermark.
  3. Tata letak unsur pengaman yang semakin diperbanyak untuk mencegah uang palsu.
  4. Ukuran antar pecahan yang diperbesar hingga 5 mm.
  5. Tingkat pengamanan.
  6. Penambahan magnetic ink yang akan berubah warna apabila uang digoyang-goyangkan.
  7. Berat uang disamaratakan menjadi 90gsm (gramasi).

“Sesuai dengan komitmen Bank Indonesia untuk menyediakan rupiah yang berkualitas dan menjaga reputasi rupiah sebagai simbol kedaulatan negara,” tuturnya.

Untuk saat ini sudah ada 7 pecahan uang rupiah kertas TE 2022 dan bisa ditukarkan melalui website https://pintar.bi.go.id

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *