Yoga Pemula Wajib Tau

  • Share

INIBORNEO.COM, Pontianak – Tau gak sih jika hari ini merupakan hari peringatan Yoga sedunia? Tanggal 21 Juni sudah ditetapkan sebagai Hari Yoga Internasional oleh Perserikatan Bangsa Bangsa sejak tahun 2015. 

Olahraga yang satu ini memang mulai digemari oleh masyarakat saat ini. Tidak terkecuali masyarakat di Indonesia, khususnya di Pontianak. 

Guru Yoga bersertifikasi di Pontianak, Cory Lim mengatakan, Yoga bukan hanya sekedar olahraga tetapi juga ilmu yang harus dipelajari karena menyangkut anatomi tubuh. Hal ini yang membuat yoga harus dipelajari lewat guru atau instruktur berpengalaman dan bersertifikasi. 

“Jadi tidak hanya bisa dipelajari dari YouTube saja.  Karena ini ilmu yang menyangkut anatomi tubuh sehingga harus diperhatikan oleh guru yoga. Kalau di luar negeri pelatih yoga itu wajib bersertifikasi minimal 200 jam,” jelasnya. 

Nah bagi kamu yang tertarik mengikuti olahraga satu ini, yuk intip hal-hal apa aja sih yang harus dipersiapkan jika ingin mengikuti olahraga holistik ini:

1. Wajib tau apa itu Yoga

Seperti pepatah ‘tak kenal maka tak sayang’, sebagai pemula kamu wajib cari tahu dulu tentang Yoga. Dijelaskan Cory Lim, Yoga berasal dari kebudayaan kuno masyarakat di India. Yoga diambil dari bahasa sansekerta yang artinya menjembatani atau menghubungkan atau penyatuan. Jadi secara universal, Yoga adalah ilmu yang menjelaskan keterkaitan fisik, mental dan spiritual manusia untuk mencapai kesehatan yang holistik. 

“Ada beberapa jenis Yoga yang bisa dipelajari. Ada Viniyasa Yoga, Ashtanga Yoga, Kundalini Yoga dan lain-lain. Namun basic dari semua Yoga tersebut adalah Hatha Yoga yang pelatihannya menggunakan teknik pernapasan dan sikap tubuh atau pose atau disebut juga asana,” jelas Cory. 

2. Cari guru bersertifikasi

Cory Lim berpesan, hendaknya cari guru Yoga yang berpengalaman dan bersertifikasi agar mendapatkan manfaat, kenyamanan dan keamanan dalam berYoga. 

“Kalau menyesuaikan rate luar negeri itu minimal harus 200 jam workshop. Karna untuk mendalami Yoga itu, diperlukan waktu yang panjang dan harus ikut workshop terus,” ujarnya

3. Siapkan perlengkapan Yoga

Bawalah matras dan kenakan baju yang nyaman untuk bergerak. Karena gerakan Yoga merupakan kombinasi dari sikap tubuh, peregangan dan pernapasan, maka akan ada banyak asana (sikap tubuh/pose) yang mengharuskan kita melenturkan tubuh dengan berbagai posisi.

4. Tujuan berYoga

Sebelum memutuskan mengikuti olahraga ini, ada baiknya tahu tujuan kamu berYoga. Apakah untuk kesehatan atau hanya untuk olahraga kebugaran. 

“Harus tau tujuannya dulu. Karena Yoga ini kan lebih untuk kesehatan secara holistik. Dalam Yoga, sangat menekankan adanya meditasi yang harus dicapai. Jika hanya untuk keluar keringat aja, mending lari aja udah bisa keluar keringat,” jelas Cory lagi. (💜)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.