Peringati Hari Buruh, Binmas Polda Kalbar dan Serikat Buruh Saling Bersinergi

  • Share
Peringatan Buruh yang digelar oleh sejumlah serikat buruh di Kalbar dirangkai dengan kegiatan Halalbihalal dan dialog ketenagakerjaan, digelar di Hotel Kapuas Dharma 2, Rabu (18/5/2022).

INIBORNEO.COM, Pontianak – Peringatan Buruh yang digelar oleh sejumlah serikat buruh di Kalbar dirangkai dengan kegiatan Halalbihalal dan dialog ketenagakerjaan. Kegiatan yang terselenggara atas kerjasama dengan Binmas Polda Kalbar di tersebut digelar di Hotel Kapuas Dharma 2, Rabu (18/5/2022). Kegiatan ini diharapkan memperkuat sinergi antara Polda Kalbar dan Serikat Buruh.

Dir Binmas Polda Kalbar Kombes Pol. Andi Harsito, berharap sinergi dengan serikat buruh terus terjalin dengan baik. Selama ini, pihaknya terus berkomunikasi dengan serikat buruh terutama saat terjadi dinamika yang menyangkut persoalan buruh, terutama hak mereka.

“Banyak persoalan yang muncul terkait hak buruh, seperti perlakuan diskriminatif, pesangon, (jaminan) kesehatan, upahnya, dan lain-lain. Bagaimana memfasilitasi ini? Di sini Polri bisa sebagai penyambung antara pekerja kepada pihak perusahaan,” ungkapnya.

Diakuinya, ada beberapa kasus persoalan buruh yang hingga kini masih berjalan. Namun menurutnya, secara umum kebanyakan persoalan yang menyangkut hak buruh dapat diselesaikan dengan cara mediasi.

Ketua Korwil Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI) Provinsi Kalbar Suherman mengatakan persoalan buruh masih begitu komplek di Kalimantan Barat, terutama dengan hak normatif buruh. Sebagai contohnya, kata dia, pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) yang tidak dilakukan sesuai aturan yang berlaku.

“Pengaduan THR yang kami himpun tahun ini lebih dari 10,” katanya, Rabu (18/5).

Meski begitu, pada momen Idulfitri tahun ini, laporan yang masuk berkenaan dengan pembayaran THR mengalami penurunan apabila dibandingkan dengan dua tahun terakhir saat Pandemi Covid-19. Tahun ini, banyak perusahaan yang tampaknya tidak begitu kesulitan menunaikan kewajibannya membayar THR karena kondisi ekonomi yang semakin membaik.

Pihaknya juga terus menjalin kerja sama yang baik dengan berbagai pihak, salah satunya kepolisian. Menurutnya, kemitraan dengan kepolisian sudah terjalin begitu lama.

“Misalnya apabila ada gejolak aksi terkait masalah Ketenagakerjaan, kami selalu berkoordinasi dengan kepolisian,” ujarnya.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.