WikiGambut, Sistem Manajemen Baru Pengetahuan Gambut

  • Share

INIBORNEO, Pontianak – World Agroforestry (ICRAF) Indonesia dan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kalbar adakan talkshow #BincangGambut: WikiGambut sebagai Sistem Manajemen Pengetahuan. Bincang gambut ini dimaksudkan untuk memperkenalkan konsep dan pendekatan WikiGambut.

WikiGambut memuat berbagai informasi seputar gambut, mulai dari sejarah, budaya, biodiversitas hingga pengelolaannya. Beragam pengetahuan dan pembelajaran tentang gambut serta pengelolaan lahan gambut lestari yang saat ini masih tersebar di berbagai pihak, saat ini diupayakan untuk dihimpun kedalam WikiGambut yang beralamat pada https://pahlawangambut.id/berbagi/

“Pemprov Kalbar mengharapkan penelitian yang dilakukan ICRAF melalui Program Peat-IMPACT dapat mendukung perbaikan pengelolaan gambut berkelanjutan, memberikan solusi dan inovasi bagi persoalan-persoalan kebakaran lahan gambut di Kalbar, serta adanya inovasi bagi pembukaan lahan tanpa bakar yang mudah dan murah untuk bisa diterapkan oleh masyarakat. Harapannya kondisi lingkungan dan ekosistem gambut akan tetap lestari,” kata Kepala DLHK Kalbar, Adi Yani, dalam sambutannya yang disampaikan oleh Kabid Perlindungan,Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem, Marcelinus Rudy, pada 31 Maret 2022.

Kepala DLHK juga meminta agar para pihak yang hadir dalam Bincang Gambut hari ini, bisa memanfaatkan kegiatan ini untuk menyampaikan ide, saran, dan gagasannya untuk dapat berkontribusi terhadap penelitian yang dilakukan oleh ICRAF.

Pengetahuan terhadap pengelolaan ekosistem gambut di Kalbar belum dapat digunakan secara optimal, salah satu penyebabnya adalah pengetahuan dan informasi tersebut pada berbagai pemangku kepentingan. Oleh karena itu, WikiGambut berupaya secara terorganisir untuk mengumpulkan, mengkompilasi dan mensintesa pengetahuan serta informasi yang ada kedalam satu sistem pengelolaan pengetahuan (Knowledge Management System) agar dapat digunakan secara luas untuk pengambilan keputusan terkait lahan gambut.

Saat ini, ICRAF tengah dibentuk Komunitas WikiGambut Kalimantan Barat (WikiGambut Kalbar). Komunitas ini terbuka untuk seluruh lapisan masyarakat, pemangku kepentingan, peneliti maupun penulis untuk dapat saling belajar dalam upaya menciptakan sebuah lingkungan kritis namun menyenangkan untuk berbagi pengetahuan tentang gambut.

Pembentukan Komunitas WikiGambut Kalbar ini bercita-cita untuk menghimpun dan menyebarluaskan pengetahuan dan pemahaman tentang gambut ke semua kalangan masyarakat di Kalbar agar informasi tentang gambut bisa diperoleh lebih lengkap dan kemudian mampu memahami dan mendukung upaya-upaya pengelolaan dan pelestarian gambut di Kalbar.

Pengembangan WikiGambut didukung sepenuhnya oleh program Peat IMPACTS melalui #PahlawanGambut.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *