Pertamina Bangun Transformasi Literasi Digital di Kubu Raya

  • Share
Perpustakaan Digital
Literasi Digital. PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan melalui unit usahanya DPPU Supadio saat melakukan sosialisasi perpusatakaan digital. (dok Pertamina)

INIBORNEO.COM, Kubu Raya – Sebanyak tujuh sekolah yang terpilih di Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat mendapatkan sosialisasi perpustakaan digital oleh PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan. Melalui unit usahanya DPPU Supadio menggelar kegiatan tersebut di SMP Negeri 3 Sungai Kakap Desa Punggur Kecil, Kecamatan Sungai Kakap, Kubu Raya. Kegiatan menghadirkan kepala sekolah, pustakawan dan admin dari masing-masing sekolah pada Sabtu (11/3) yang lalu.

“Kegiatan ini merupakan salah satu Tanggung Jawab Sosial Lingkungan perusahaan yang mendukung program pemerintah dalam mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan,” ujar Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan, Arya Yusa Dwicandra.

Tujuan pembangunan berkelanjutan tersebut khususnya untuk menjamin kualitas pendidikan yang inklusif dan merata serta meningkatkan kesemptan belajar sepanjang hayat untuk semua.

Suasana sosialisasi perpustakaan digital di Kabupaten Kubu Raya

Bersama Rumah Pintar Punggur Cerdas, Pertamina juga mengembangkan perpustakaan digital pertama di Kabupaten Kubu Raya. Pertamina memperkenalkan Perpustakaan Digital Taman Emas Pertamina yang berpusat di Kampung Literasi Punggur Cerdas, Desa Punggur Kecil, Kecamatan Sungai Kakap, Kubu Raya.

“Pertamina melalui program CSR Taman Emas Pertamina terus berupaya meningkatkan pembangunan sumber daya manusia di Kubu Raya ini, salah satunya melalui bantuan perpustakaan digital ini sebagai upaya peningkatan literasi masyarakat dengan memanfaatkan teknologi dan mengikuti perkembangan zaman saat ini,” tambah Wibisono, Operation Head DPPU Supadio.

Perpustakaan Digital Taman Emas Pertamina hadir sebagai upaya perubahan perpustakaan dari konvensional menjadi modern dengan memanfaatkan teknologi, sehingga menstimulus masyarakat untuk gemar membaca. Selain itu, hal ini juga memudahkan masyarakat khususnya pelajar dan guru dalam mengakses informasi dan sumber referensi dengan perangkat bebasis android dan PC.

“Perpustakaan digital atau smart library menawarkan kemudahan bagi para pengguna untuk mengakses sumber-sumber elektronik dengan alat menyenangkan pada waktu dan kesempatan yang tidak terbatas. Pengguna bisa menggunakan sumber-sumber informasi tersebut tanpa harus terikat pada jam operasional perpustakaan seperti jam kerja atau jam kunjungan perpustakaan” ujar Umilia selaku founder Rumah Pintar Punggur Cerdas.

Untuk meningkatkan dan memperluas pemanfaatan perpustakaan digital ini, Pertamina memberikan perluasan akses penggunaan kepada 7 sekolah terpilih di Sungai Kakap, sehingga guru dan siswa di 7 sekolah tersebut dapat memanfaatkan akses perpustakaan digital Taman Emas Pertamina dimanapun dan kapanpun untuk menunjang pembelajaran mereka.

Perpustakaan sekolah merupakan unit kerja yang ikut menunjang kemajuan dan perkembangan lembaga induknya, karena dapat digunakan untuk mengukur tingkat kemajuan dan perkembangan sekolah. Oleh karena itu pengelolaan perpustakaan merupakan tuntutan yang sangat wajar.

Target pengelolaan harus mencerminkan kemajuan yang berarti bagi sekolah, civitas akademika sekolah dan lembaga-lembaga lain yang berkepentingan. Selain pengelolaan juga pengembangan, dengan memperhatikan sarana prasarana, isi perpustakaan, kegiatan ilmiah, serta sumber daya manusia pengelola.

Pengembangan terhadap perpustakaan juga merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan literasi serta minat baca, mengingat Indonesia menurut UNESCO menduduki peringkat ke-60 dari 61 negara soal minat baca dan hanya 0,001 persen yang memiliki minat baca.

Sukasman selaku Kepala Sekolah SMPN 3 Sungai Kakap yang menjadi tuan rumah dalam kegiatan tersebut menyampaikan apresiasi kepada Pertamina yang turut berkontribusi dalam pembangunan SDM di Kubu Raya ini sekaligus menghadirkan sebuah gebrakan baru yang sangat bermanfaat bagi masyarakat khususnya para guru dan siswa di sekolah-sekolah.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Pertamina yang telah menginisiasi adanya perpustakaan digital di Kubu Raya ini, hal ini selaras dengan apa yang diharapkan pemerintah untuk mendigitalisasi sistem pembelajaran yang ada. Tentu dengan keterbatasan yang kami miliki, dengan hadirnya Pertamina ini sangat membantu dan sangat bermanfaat untuk kami,” kata Sukasman.(r)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *