Sambut Keseruan Natal dan Tahun Baru, Telkomsel Antisipasi Lonjakan Trafik

  • Share
banner 468x60

Iniborneo, Jakarta – Menyambut perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (NARU), Telkomsel akan memproyeksikan trafik layanan data (payload) dengan melakukan optimalisasi jaringan serta mengajak seluruh masyarakat untuk #TerusNyalakanSemangat.

“Keluarga besar Telkomsel mengucapkan selamat memperingati hari Natal bagi masyarakat yang merayakan dan selamat Tahun Baru untuk kita semua,” uap Nugroho, Direktur Network Telkomsel. “Kami ingin terus dapat membuka lebih banyak harapan dalam menyambut Tahun Baru 2022 dengan mendorong komitmen #TerusNyalakanSemangat dalam mendukung pelanggan dalam menyongsong optimisme kebangkitan di tahun depan,” lanjutnya.

banner 336x280

Guna mengantisipasi lonjakan trafik komunikasi selama momen NARU kali ini, Telkomsel mengambil langkah antisipatif, khususnya untuk kenyamanan konektivitas broadband 4G/LTE di 471 Point of Interest (POI) yang tersebar di seluruh Indonesia. POI tersebut mencakup 124 area residensial, 266 area spesial (alun-alun dan pusat perbelanjaan), 5 rumah sakit utama penanganan COVID-19, 6 tempat ibadah, serta 70 titik strategis utama lainnya di tiap provinsi (meliputi titik jalur distribusi logistik seperti bandara, pelabuhan, stasiun, jalan raya utama, rest area, serta fasilitas umum lainnya).

Sepanjang momen NARU kali ini, dibandingkan hari biasa, Telkomsel memproyeksikan trafik layanan data (payload) pada momen perayaan Natal 2021 akan mengalami peningkatan sebesar 8,38% dan malam Tahun Baru 2022 akan melonjak hingga 15,08%, dengan total payload diprediksi mencapai 45.877 TB.

Prediksi tersebut juga didorong pada tren perubahan perilaku pelanggan selama masa pandemi sepanjang tahun ini, di mana terjadi pergeseran pemanfaatan akses layanan berbasis digital untuk kebutuhan mendukung aktivitas keseharian, seperti akses layanan media sosial yang diprediksi tumbuh sekira 23,42%, layanan komunikasi (instant messaging dan video conference) melonjak 27,83%, layanan streaming video meningkat sekira 27.44%, layanan mobile gaming melonjak hingga 18,17%, akses browsing naik 27,92%, serta akses layanan e-commerce yang juga tumbuh sekira 67,29%. Sedangkan untuk trafik pada layanan SMS, Telkomsel memprediksi akan terjadi pertumbuhan sebesar 3,25%, dan layanan panggilan suara diproyeksi akan turun 4,5%.

“Guna memastikan pelanggan bisa mendapatkan pengalaman menelepon yang lebih baik dan jernih sambil mengakses jaringan broadband, baik itu browsing, gaming, chatting maupun video streaming secara bersamaan, cakupan jaringan VoLTE Telkomsel kini telah dapat dinikmati pelanggan di 320 kabupaten/kota yang tersebar di wilayah Indonesia,” sambungnya.

Selain itu, Telkomsel telah menjalankan uji jaringan (drive test) dengan total jarak tempuh mencapai 13.503 km, yang juga mencakup 31 ruas tol, termasuk beberapa yang baru beroperasi di wilayah Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, hingga Papua, yang memberikan hasil “BAIK” dan siap menyambut momen NARU untuk kenyamanan pelanggan.

Direktur Sales Telkomsel, Adiwinahyu Basuki Sigit mengatakan, “Momen Natal dan Tahun Baru merupakan perayaan yang sangat diharapkan menjadi momen bahagia oleh seluruh masyarakat Indonesia. Untuk itu, dengan mengusung tema #TerusNyalakanSemangat, kami berupaya memenuhi ekspektasi dan harapan tersebut dengan memastikan ketersediaan produk dan layanan yang berfokus pada kebutuhan aktivitas digital pelanggan yang didukung channel layanan pelanggan berbasis digital.”

Agar menjaga kenyamanan pelanggan, Telkomsel telah mengoptimalkan seluruh channel layanan digital untuk pelanggan. Pelayanan digital tersebut dapat diakses melalui saluran komunikasi di akun media sosial Twitter @Telkomsel, layanan email customer care, layanan asisten virtual seperti melalui di aplikasi MyTelkomsel dan situs www.telkomsel.com, instant messaging, serta layanan call center yang beroperasi 24 jam.

Sigit menambahkan, keseruan pelanggan selama momen Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 akan semakin bertambah dengan hadirnya berbagai program serta promo spesial melalui layanan hiburan digital seperti MAXstream untuk platform marketplace konten video on-demand (VoD) terdepan serta mengoptimalkan platform Dunia Games dengan berbagai penawaran paket gaming yang menarik dengan harga terjangkau.

Selain itu, pada momen NARU ini Telkomsel juga menggelar rangkaian program CSR sebagai wujud syukur atas capaian dan perjuangan yang sudah dilakukan di tengah situasi pandemi yang masih menantang di tahun ini. Program tersebut difokuskan untuk memberikan bantuan modal, paket sembako dan suplemen, serta donasi kepada  anak negeri yang terdiri dari anak yatim piatu yang terdampak pandemi, masyarakat kurang mampu dalam kondisi sakit, pemilik usaha kecil terdampak pandemi, tenaga kesehatan, serta pengelola tempat ibadah dan Yayasan.

“Semangat berbagi yang terus diimplementasikan oleh Telkomsel merupakan bentuk upaya kami dalam menjaga semangat, harapan, dan optimisme seluruh masyarakat yang telah berjuang dalam melewati situasi yang masih menantang di tahun ini,” tutup Nugroho.

banner 336x280
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.