Dipangkas Covid, Anggaran Jalan Tinggal Rp 2. 6 M

- News
  • Share

INIBORNEO.COM, SUKADANA – Bupati Kayong Utara, Citra Duani bersama Komisi IV DPRD Provinsi Kalbar dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kalimantan Barat, Jumat (12/6) sekitar pukul 10.00 WIB, Melakukan peninjauan ruas jalan Siduk- Teluk Batang yang rusak parah.

Untuk sementara jalan yg berlubang telah ditutup dengan batu, agar mudah dilewati kendaraan.

Yohanes Rumpak, Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalbar menuturkan, kunjungan kerja mereka kali untuk melihat lansung kondisi ruas jalan yang selama ini dikeluhkan masyarakat.

DPRD provinsi mengakui ruas jalan ini sudah ada pengangagarannya, namun karena musibah covid  dipangkas.

Anggaran jalan ini sebelumnya dengan nilai 7 miliar, karena ada pemangkasan tinggal 2,6 miliar saja. “Anggaran tahun ini untuk membantu fungsional nya saja, tahun depan akan kita anggarkan lagi,” urainya.

Sukri Plt. Kadis PUPR Prov Kalbar, membenarkan kalau anggaran perbaikan jalan ini hanya tinggal 2,6 miliar saja karena telah dipotong untuk anggaran penangulangan Covid 19. “Salah satu penyebab rusaknya jalan ini adalah usia jalan yang sudah tua ditambah over muatan kendaraan ekspedisi yang melebihi tonase,” katanya ketika mendampingi DPRD provinsi melihat jalan yang rusak.

Kemampuan ruas jalan Teluk Batang – Siduk, diakuinya sekitar 8 ton. Sementara angkutan barang yang melewatinya banyak yang melebihi. “PU provinsi akan segera melakukan  perbaikan jalan ini dengan membetulkan spot dan titik jalan yang rusak,” terangnya.

Yuliani anggota Komisi IV dari Dapil Kayong Utara- Ketapang mengatakan, dia bersama anggota DPRD lainnya berkomitmen untuk terus mengawal perbaikan jalan ini. “Saya banyak menerima keluhan masalah jalan ini, karena ini kewenangan provinsi. Makanya kita mengajak PU Provinsi untuk turun lansung,” jelas legislator Partai Amanat Nasional asal Kabupaten Ketapang.

Bupati Kayong Utara, Citra Duani mengucapkan terimakasih atas kunjungan DPRD provinsi dan PU provinsi yang mau melihat secara lansung ruas jalan yang rusak. “Saya yakin dengan adanya kunjungan ini akan mempercepat perbaikan jalan yang rusak ini,” timpal Citra.

Kayong Utara menurut Bupati siap membantu Provinsi dalam melakukan perbaikan jalan ini. Salah satunya dengan mengundang perusahaan ekspedisi untuk ikut terlibat dalam perbaikan jalan yang anggarannya terbatas tahun ini.

“Kita minta Provinsi juga membangun jembatan timbang dan gudang di Kayong Utara tepatnya di teluk Batang. Dengan begitu mudah memantau kendaraan yang kelebihan muatan,” jelas pria yang pernah menjabat sebagai Humas Setda Provinsi Kalimantan Barat.

Citra meyakini Provinsi memiliki komitmen yang sama dalam membantu Kayong Utara untuk meningkatkan pembangunan dan perbaikan jalan yang ada. “Komitmen pak Gubernur tak perlu diragukan untuk membantu Kayong Utara, buktinya mereka menganggarkan 20 miliar untuk jalan Melano – Perawas. Mari kita doakan perbaikan jalan ini berjalan lancar,” Harap Citra. (r-papiadjie)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *