Tiga Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Pemkab Sintang Dilantik

  • Share
Tiga Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Pemkab Sintang Dilantik, Selasa (28/8) di Aula Pendopo Bupati Sintang.

SINTANG, iniborneo – Bupati Sintang Jarot Winarno melantik tiga pimpinan tinggi pratama yang kosong pada Selasa, 28 Agustus 2018 di Pendopo Bupati Sintang. Ketiga Kepala Organisasi Perangkat Daerah tersebut adalah Herkulanus Roni Kepala Bagian Hukum dan Hak Asasi Manusia pada Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang dilantik menjadi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa menggantikan Hotler Panjaitan yang sudah memasuki usia pensiun, Iwan Setiadi Inspektur Pembantu Bidang Pengawasan III pada Inspektorat Kabupaten Sintang dilantik menjadi Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan yang memang kosong sejak dinas ini dinaikan dari kantor menjadi dinas, dan Zulkarnain Sekretaris Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman dilantik menjadi Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman menggantikan Joni Nurhaili yang juga memasuki purna tugas.

Bupati Sintang dalam sambutannya menjelaskan bahwa untuk meningkatkan motivasi kerja dan pelayanan public aparatur sipil Negara, maka mutasi, promosi dan demosi harus dilakukan dalam organisasi pemerintah daerah. “pejabat pimpinan tinggi pratama meruapakan ujung tombak kepemimpinan operasional Pemda dalam memberikan pelayanan publik dan pembangunan daerah. Sehingga diperlukan sosok dan figur pejabat yang mampu bekerja professional, amanah, penuh dedikasi dan bertanggungjawab” terang Bupati Sintang.

kami komit menegakan prinsip the right man on the right job dalam birokrasi Kabupaten Sintang sesuai janji kampanye kami dahulu dan selaras dengan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara. Saat ini Kabupaten Sintang memiliki jumlah penduduk melebih 400 ribu jiwa dan gaya hidup yang semakin kompleks, sehingga memerlukan pelayanan publik dalam bentuk barang, jasa dan administrative yang semakin baik dan berkualitas. Ini tantangan bagi semua OPD yang ada” terang Bupati Sintang.

pelantikan hari ini merupakan output dari proses lelang jabatan terbuka yang pertama kali kita laksanakan. Kita bersyukur telah menjalani proses lelang jabatan yang cukup ketat melalui Tim Independen sehingga mendapatkan tiga figur kepala OPD yang hari ini dilantik yang diharapkan menjadi sumber energi baru dalam mencapai visi dan misi pembangunan Kabupaten Sintang. Saat ini kita menantikan outcome dan benefit dari kebijakan lelang jabatan ini yaitu adanya nilai tambah lebih baik bagi pejabat baru untuk meningkatkan kinerja OPD yang dipimpinnya” tambah Bupati Sintang.

saya berpesan kepada ketiga kepala OPD yang dilantik untuk membangun kekompakan di OPD yang saudara pimpin sehingga tercipta suasana kerja yang kondusif. Bangun komunikasi yang baik dengan semua kepala OPD lain sehingga kita bisa membangun sistem kerjasama yang maksimal. Kabupaten Sintang berhasil menduduki peringkat 114 dari 397 Kabupaten Se Indonesia dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia dalam hal kinerja penyelenggaraan Pemerintah Daerah secara nasional. Saya minta kita mempertahankan dan bahkan meningkatkan prestasi ini di masa mendatang. Fokuslah pada tugas pokok saudara. Buat rencana yang baik, implementasikan rencana secara optimal dan praktekan fungsi kepemimpinan yang selaras dengan kebutuhan” pesan Bupati Sintang kepada ketiga kepala OPD yang baru dilantik.

Herkulanus Roni Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa usai dilantik menjelaskan sebagai pimpinan OPD yang baru dilantikkan dirinya harus mempelajari apa yang menjadi kendala kemudian harus ada konsolidasi ke dalam untuk penataan organisasi, pemetaan-pemetaan permasalahan yang sedang dihadapi pemerintahan desa, untuk dicarikan solusinya.

terkait dengan batas desa, tentukan ada tim penyelesaian batas desa, yang dimana terdiri dari beberapa OPD, kemudian tugas kami nanti akan menginventarisir desa mana saja yang batas desanya masih bermasalah dan masih belum selesai. Kami akan gunakan pendekatan-pendekatan seperti melakukan musyawarah antar desa, kemudian kita naikkan ke dalam tim supaya penyelesaiannya cepat, dengan buatkan berita acara, finalnya merupakan keputusan Bupati Sintang. Soal pilkades saya akan pelajari dulu dan ini bagian dari tanggung jawab saya” terang Herkulanus Roni. (humas)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *