banner 728x250

Berikut Penjelasan Wings Air Soal Insiden Salah Mendarat di Bandara Sintang

  • Share
banner 468x60

SUNGAI TEBELIAN – Wings Air (kode penerbangan IW) member of Lion Air Group memberikan informasi bahwa penerbangan nomor IW1370 dengan rute dari Bandar Udara Internasional Supadio, Pontianak, Kalimantan Barat (PNK) tujuan Bandar Udara Tebelian, Sintang, Kalimantan Barat (SQG) telah kembali beroperasi normal dan pelayanan kepada pelanggan dilakukan dengan baik.

Flight IW1370 dioperasikan dengan pesawat ATR 72-600 (AT76) registrasi PK-WHF. Pesawat lepas landas pukul 08.00 WIB dari Pontianak dan telah mendarat di Tebelian pukul 09.45 WIB. Untuk penerbangan sebaliknya bernomor IW1371, pesawat mengudara pukul 10.56 WIB dari jadwal keberangkatan pada 08.20 WIB dan tiba di Pontianak pukul 11.34 WIB.

banner 336x280

“Wings Air menyampaikan klarifikasi terkait operasional di rute tersebut yang mengalami keterlambatan (delayed) dikarenakan untuk alasan memastikan keamanan dan keselamatan penerbangan,” ungkap Danang Mandala Prihantoro, Corporate Communications Strategic of Wings Air, Rabu (20/6).

Dia menjelaskan pesawat yang digunakan di penerbangan IW1370 relatif baru dioperasikan di wilayah Kalimantan Barat, dengan pertama kali melayani penerbangan Pontianak ke Sintang. Titik koordinat di dalam pesawat masih menggunakan tujuan bandar udara lama yaitu Bandar Udara Susilo, sehingga pesawat mendarat di sana, sedangkan di dalam rencananya adalah mendarat di bandar udara yang baru yaitu Tebelian. Seluruh penumpang dan kru dalam keadaan selamat.

“Pilot beserta seluruh kru telah berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait dalam menjalankan prosedur tindakan berdasarkan standar operasional,” terangnya.

Penerbangan IW1370 telah lepas landas dari Bandar Udara Susilo pukul 09.30 WIB dan mendarat di Bandar Udara Tebelian pada 09.45 WIB. Sebagai informasi, kedua bandar udara tersebut berada di Kabupaten Sintang. Wings Air menegaskan, bahwa pesawat tersebut dalam keadaan aman (safety) dan dapat diterbangkan kembali serta seluruh kru dinyatakan memenuhi standar kualifikasi dalam bertugas untuk terbang.

Atas kejadian tersebut, akan menjadi bahan rekomendasi Wings Air untuk meningkatkan kualitas layanan penerbangan. Wings Air menyatakan, patuh dan menjalankan kebijakan bandar udara, pemerintah selaku regulator dan  standar prosedur operasi (SOP) Lion Air Group serta ketentuan internasional dalam menjalankan seluruh  jaringan operasional.

banner 336x280
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *