Penukaran Uang Bisa Dilakukan di Masjid Mujahidin

  • Share
banner 468x60

INIBORNEO, Pontianak – Meningkatnya kebutuhan uang tunai selama periode Ramadhan dan Idul Fitri, Bank Indonesia mengadakan layanan kas keliling yang akan bertempat di halaman parkir Masjid Mujahidin. Layanan ini akan dimulai tanggal 25 -28 April 2022, dari pukul 10.00-14.00 WIB. Untuk layanan kas keliling ini, penukar dapat melakukan pemesanan melalui aplikasi PINTAR maksimal pukul 22.00 H-1 hari kedatangan yang dapat diakses pada website https://pintar.bi.go.id.

“Peningkatan konsumsi masyaraka pada hari besar keagamaan biasanya juga diikuti dengan peningkatan kebutuhan uang tunai. Oleh karena itu, Bank Indonesia Kalbar sudah menyiapkan kebutuhan uang tunai sebesar 2,8 triliun,” ujar Agus Chusaini, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kalbar.

banner 336x280

Bank Indonesia juga telah mengitensifkan kerjasama penukaran uang dengan perbankan Kalbar yang akan tersebar di 177 titik, diantaranya di Kantor Pegadaian Pontianak, Bank Umum hingga Bank Syariah yang dimulai tanggal 4-28 April 2022 dan disesuaikan dengan jam layanan masing-masing titik.

“Layanan penukaran uang ini gratis dan tidak dipungut biaya apapun,” tegas Agus. Ia juga menuturkan bahwa akan memasang spanduk informasi layanan penukaran uang di depan kantor Bank yang terdaftar.

Dalam layanan penukaran uang, masyarakat dihimbau untuk tidak melakukan penukaran uang melalui jasa yang tidak resmi. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah risiko kemungkinan menerima uang palsu, jumlah uang yang ditukar tidak sesuai serta adanya pungutan biaya.

Untuk menjaga kelancaran layanan penukaran sekaligus meminimalisir penyebaran Covid-19, Bank Indonesia Kalbar juga menyediakan uang Hasil Cetak Sempurna (HCS) dan uang layak edar yang higienis yaitu dengan melakukan penyemprotan disinfektan secara rutin pada area kerja berikut sarana dan prasarananya, serta memperhatikan kesehatan SDM.

“Untuk mencegah peredaran uang palsu dan penyebaran Covid-19, kami juga menghimbau masyarakat untuk menggunakan transaksi pembayaran secara digital antara lain melalui digital bank, uang elektronik dan QRIS,” tutup Agus.

banner 336x280
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.