Jumpa Binaku Sahabat Eco Bhinneka Pererat Hubungan Antar Warga Lewat Pelestarian Lingkungan 

  • Share
Kegiatan Jumpa Binaku yang digelar oleh Sahabat Eco Bhinneka Kalimantan Barat dan Eco Bhinneka , Minggu 4 Agustus 2024. 

INIBORNEO.COM, Pontianak – Sahabat Eco Bhinneka Kalimantan Barat dan Eco Bhinneka mengadakan kegiatan Jumpa Binaku yang bertujuan untuk mempererat hubungan antar warga dan mengenalkan nilai-nilai lingkungan yang sangat penting di Pura Giri Kertha Bhuwana Kalimas, Kubu Raya. Acara ini dihadiri oleh berbagai masyarakat hindu, termasuk pengurus pura, tokoh masyarakat,pengurus Sahabat Eco Bhinneka Kalimantan Barat dan Eco Bhinneka yang semuanya memiliki komitmen yang kuat terhadap pelestarian lingkungan, Minggu (4/8/2024).

Kegiatan ini dimulai pada pukul 08.00 WIB dan berlangsung hingga 11.00 WIB, memanfaatkan pagi yang sejuk dan penuh semangat. Lokasi acara yang dipilih adalah lingkungan pura, yang selama ini dikenal sebagai pusat kegiatan budaya dan spiritual di daerah tersebut. Pura ini tidak hanya menjadi tempat ibadah, tetapi juga menjadi simbol kehidupan sosial dan kebersamaan bagi masyarakat.

Acara dibuka dengan sambutan hangat dari Tita perwakilan Eco Bhinneka dan pernyataan Ketua Sahabat Eco Bhinneka tentang tanggung jawab individu dan kelompok terhadap lingkungan. “Sudah sewajarnya setiap individu dan kelompok konsisten menjaga kebermanfaatan lingkungan yang menjadi sumber kehidupan bagi setiap makhluk hidup,” ujarnya. Pernyataan ini menggugah kesadaran peserta akan pentingnya menjaga lingkungan untuk kelangsungan hidup kita semua.

Setelah sambutan, kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan tumbuhan bunga dan bibit buah dari Pengurus Sahabat Eco Bhinneka kepada Pengurus Pura. Penyerahan ini bukan hanya simbolis, tetapi juga sebagai komitmen untuk bersama-sama menjaga keindahan dan kelestarian lingkungan di sekitar pura. Bibit-bibit tersebut diharapkan dapat tumbuh dengan baik dan memberikan manfaat bagi ekosistem serta mempercantik area sekitar pura.

Sesi selanjutnya adalah dialog interaktif yang mengundang partisipasi aktif dari semua peserta. Diskusi ini membahas berbagai isu lingkungan yang sedang dihadapi oleh masyarakat, serta bagaimana solusi yang dapat diimplementasikan secara bersama-sama. Peserta memberikan ide dan masukan yang sangat berharga, menunjukkan bahwa kepedulian terhadap lingkungan tidak hanya tanggung jawab satu pihak, tetapi merupakan tanggung jawab kita semua.

Baca Juga : Karya Seni Mural Karyawan WHW Ajak Peduli Lingkungan

Acara diakhiri dengan ramah tamah bersama anak-anak Sekolah Minggu di Pura Giri Kertha Bhuwana Kalimas. Momen ini menjadi sangat berarti, di mana generasi muda diajak untuk terlibat dalam diskusi mengenai pentingnya pelestarian lingkungan sejak dini. Anak-anak terlihat antusias mendengarkan penjelasan tentang flora dan fauna lokal serta cara-cara sederhana yang dapat mereka lakukan untuk menjaga lingkungan. Kegiatan ini bertujuan tidak hanya untuk membangun kesadaran, tetapi juga untuk menanamkan nilai-nilai positif pada generasi mendatang.

Dengan kegiatan Jumpa BinaKu ini, Sahabat Eco Bhinneka berharap dapat meningkatkan rasa kebersamaan, memperkuat hubungan antar warga, dan menumbuhkan kesadaran akan pentingnya pelestarian lingkungan hidup. Dukungan dari semua pihak, termasuk pengurus pura dan tokoh masyarakat, sangat diharapkan untuk terus mendukung program-program sosial di lingkungan pura demi keberlangsungan dan kesejahteraan masyarakat.

Kegiatan ini bukan hanya sebuah acara, tetapi juga merupakan langkah awal untuk membangun komunitas yang peduli dan berkomitmen pada lingkungan. Dengan semangat kebersamaan, diharapkan langkah-langkah kecil yang diambil hari ini dapat membawa perubahan besar bagi lingkungan dan masyarakat di masa depan.

Eco Bhinneka dan Sahabat Eco Bhinneka berkomitmen bersama untuk tetap konsisten memberikan perhatian yang tinggi terhadap lingkungan hidup. (rilis)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *