Gempa Tektonik 3,5 SR Guncang Nanga Kayan Melawi

  • Share
Pada Selasa dini hari, Desa Nanga Kayan di Kecamatan Nanga Pinoh, Kabupaten Melawi, Kalimantan Barat, diguncang gempa bumi tektonik berkekuatan magnitudo 3,5. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan bahwa gempa ini terjadi pada pukul 02.23 WIB dengan episenter terletak pada koordinat -0.32 derajat Lintang Utara dan 111.60 derajat Bujur Timur, atau sekitar 42 kilometer barat laut Melawi, Kalimantan Barat. Berdasarkan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi ini dikategorikan sebagai gempa bumi dangkal yang diakibatkan oleh aktivitas Sesar Aktif. (Foto: Dok BMKG Kalbar)

INIBORNEO.COM, Melawi – Desa Nanga Kayan di Kecamatan Nanga Pinoh, Kabupaten Melawi, Kalimantan Barat, diguncang oleh gempa bumi tektonik, dini hari pukul 02.23 WIB, pada 6 Agustus 2024.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan bahwa episenter terletak pada koordinat -0.32 derajat Lintang Utara dan 111.60 derajat Bujur Timur, atau sekitar 42 kilometer barat laut Melawi, Kalimantan Barat. Berdasarkan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi ini dikategorikan sebagai gempa bumi dangkal yang diakibatkan oleh aktivitas Sesar Aktif.

Meskipun gempa berkekuatan ringan ini tidak dilaporkan menyebabkan kerusakan besar, getarannya dirasakan oleh penduduk setempat. Sejauh ini, belum ada laporan mengenai korban jiwa atau kerugian material yang signifikan. Pihak berwenang terus memantau situasi dan menghimbau masyarakat untuk tetap tenang serta waspada terhadap kemungkinan gempa susulan.

BMKG mengimbau masyarakat di wilayah Nanga Kayan, Kabupaten Melawi, dan sekitarnya agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu-isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Masyarakat diharapkan terus memperbarui informasi terkait kondisi wilayah yang terkena gempa melalui website resmi BMKG dan media sosial BMKG Kalbar.

“Kepada masyarakat di wilayah Nanga Kayan, Kab. Melawi dan sekitarnya dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” tulis akun media sosial instagram bmkg_kalbar.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *