Peduli Literasi, Kubu Raya Gelar Lomba Membaca

  • Share

Iniborneo.com, Kubu Raya – Pemerintah Kabupaten Kubu Raya menggelar lomba membaca untuk kedua kali dengan “Pengalaman Pembelajaran Selama Masa Pandemi Covid-19”. Kegiatan lomba  dihelat  oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kubu Raya, melalui Bidang Pembinaan Sekolah Dasar.

“Pada akhir-akhir tahun, kami baru bisa melaksanakan kegiatan lomba ini. Dengan segala kondisi yang ada, tentu kami berupaya semaksimal mungkin menyukseskannya. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya  dalam rangka meningkatkan program pembinaan minat, bakat dan kreatifitas siswa SD selama masa pandemi covid-19 dan penguatan gerakan membacakan ” kata M Zaini. Z, S.Pd, Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Dasar, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kubu Raya.

Peserta dalam lomba membacakan kali ini adalah para siswa Sekolah Dasar (SD) negeri, maupun swasta yang ada di Kabupaten Kubu Raya. Untuk jenjang SD kemudian dibagi dalam 2 kategori. Yakni kategori kelas rendah, untuk para siswa yang ada di kelas 1,2 dan 3.  Kemudian  kategori kelas tinggi untuk para siswa di kelas 4,5 dan 6.

Dalam pelaksanaan lomba membacakan, ada lima kriteria yang dianalisa dan dinilai dari setiap video peserta. Mulai dari  kesesuaian tema, Isi yang meliputi ide/gagasan/harapan, keaslian ide dan harapan, ketepatan penggunaan pilihan kata serta Intonasi. 

Penilaian melewati dua tahapan. Pertama, babak penyisihan. Pada babak ini juri memilih 15 video terbaik di masing-masing katergori. Kedua, babak final, pada babak ini para juri menilai ulang 15 video terpilih pada babak penyisihan  untuk menentukan para pemenang.

Tata cara lomba telah ditentukan sebagai acuan para peserta dan proses lomba. Mulai dari isi  video membacakan tentang pengalaman peserta saat melaksanakan pembelajaran di masa pandemi covid-19. Durasi video tidak boleh lebih dari 5 menit. Lokasi pembuatan video dapat dilaksanakan di rumah atau di sekolah. Pakaian yang digunakan saat membuat video lomba harus mengenakan pakaian seragam sekolah. Di bagian akhir video peserta memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama, kelas dan asal sekolah.

Pada Kamis, 2 Desember 2021, bertempat di ruang rapat kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kubu Raya telah dilakukan penjurian babak final untuk menentukan juara 1,2 dan 3 serta Juara Harapan 1,2 dan 3 di masing-masing kategori.

“Bangga menyaksikan video-video lomba. Terlihat antusias, semangat tinggi melatih dan mengasah literasi nya untuk menjadi yang terbaik. Tentu ini akan meningkatkan kemampuan anak-anak  dalam berliterasi.” Ujar M. Ayub, S.Pd,  Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kubu Raya.

Lomba ini juga ditentukan Pemenang kategori pilihan pemirsa. Penentuan berdasarkan jumlah like, subscriber serta view di akun media sosial youtube.

“Sebagai bentuk apresiasi, semua peserta yang telah mendaftar akan kami beri piagam penghargaan. Tak lupa tentunya kami ucapan terima kasih dan bangga kepada kepala sekolah dan guru disela-sela kesibukannya masih tetap mendampingi siswa-siswi dalam lomba ini,” lanjut Ayub.

Gerakan Membaca-kan, salah satu innovasi gerakan literasi di Kabupaten Kubu Raya.  Guna menyiapkan sumber daya manusia yang berdaya saing unggul bagi generasi di Kabupaten Kubu Raya. Dengan melibatkan seluruh masyarakat serta pemangku kepentingan dalam kegiatan literasi.

Muda Mahendrawan, Bupati Kubu Raya, turut menyampaikan apresiasinya terhadap gerakan ini. “Melalui lomba ini tentu menjadi bentuk upaya kita dalam mengelorakan gerakan literasi di Kabupaten Kubu Raya. Bukti nyata literasi di Kubu Raya selalu menanjak.”

Ia juga menyatakan bahwa kegiatan ini belum berakhir dan akan ada inovasi dan kegiatan-kegiatan berikutnya.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *