Mahasiswa Kalbar Siap Ikut Pantau Pemilihan Serentak 2024

  • Share

INIBORNEO.COM, Pontianak – Mahasiswa dari berbagai kampus di Pontianak menyatakan siap untuk ikut berperan dan berpartisipasi dalam pelaksanaan pemilihan serentak tahun 2024.

Mili Rizkia mahasiswi Poltekkes Pontianak menyatakan bentuk sosialisasi seperti ini sangat positif sekali.Memberikan edukasi kepada mahasiswa yang sudah memiliki hak suara.”Sebagai perempuan yang masih berstatus mahasiswa tentu sangat senang karena mendapatkan ilmu dan bisa berpartisipasi dalam pemilihan umum khususnya sekarang ini pilkada serentak, ” kata mahasiswi semester 3 ini.

Mili menambahkan sudah seharusnya sebagai mahasiswa ikut berpartisipasi dalam pengawasan pemilihan. Hal yang sama disampaikan Aftidar Amanda Sari Lubis mahasiswi Fikes- Kesmas Universitas Muhammadyah Pontianak.

Manda sapaan akrabnya mengatakan pemahaman tentang pengawasan pemilihan serentak sangat penting.”Sebagai Mahasiswi yang sudah berhak memilih dalam pemilihan serentak wajib memahami apa saja peran dalam pemilihan tersebut,” katanya.

Mahasiswi semester tiga tersebut menambahkan hal yang sederhana dalam peran di pemilihan serentak adalah dengan tidak menerima suap. “Hindari suap maka itu sudah bentuk peran aktif dalam pemilihan serentak,” tuturnya.

Jika mengetahui atau melihat politik uang maka harus dilaporkan kepada petugas. Diharapkan dalam pemilihan kali ini, utamakan transparansi dan kejujuran. Kegiatan dilaksanakan di Universitas Panca Bakti ( UPB) Pontianak oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Senin (19/8) kemarin dengan melibatkan mahasiswa dari kampus di Pontianak.

Bawaslu mengangkat tema Bawaslu Ngampus meningkatkan peran partisipasi mahasiswa dalam pengawasan pemilihan serentak tahun 2024.Anggota Bawaslu Kalbar Yosef Hari Suyadi menjawab wartawan mengatakan mahasiswa sebagai salah satu peserta dalam pemilihan serentak harus dimaksimalkan perannya.

“Kita berharap mahasiswa bisa jadi corong bawaslu dalam pemilihan serentak kali ini, ” katanya.

Karenanya diharapkan mahasiswa berperan aktif dalam meminimalisir kesalahan atau. masalah- masalah dalam pelaksanaan pemilihan serentak tahun 2024 ini, tutupnya.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *