Indeks

Gempa 4,3 Magnitudo Getarkan Kapuas Hulu

  • Share

INIBORNEO.COM, Pontianak – Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, digetarkan oleh gempa sebesar 4,3 Magnitudo pada Senin (25/03). Berdasarkan rilis dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan bahwa pusat gempa bumi berada di darat, sekitar 34 kilometer barat laut Kapuas Hulu dan kedalaman 10 kilometer.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan gempa bumi kedalaman dangkal akibat aktivitas Sesar Lokal,” tulis BMKG dalam rilisnya.

Gempa yang dirasakan dengan skala MMI di beberapa wilayah seperti Hulu dan Putusibau yaitu skala III dan III. Skala MMI yang dirasakan III yang artinya gempa dirasakan oleh beberapa orang tetapi tidak menyebabkan kerusakan atau kecelakaan. Hanya benda-benda ringan tergantung akan bergoyang dan jendela kaca bergetar.

Selain Kapuas Hulu, BMKG juga mencatat gempa bumi lain yang terjadi Indonesia pada tanggal 25 Maret 2024, yakni sebanyak empat di beberapa wilayah seperti Daya, Takengon – Aceh Tengah, Kabupaten Pangandaran dan Telukbintuni – Papua Barat dengan skala 4 – 5 Magnitudo. Sedangkan dalam sepekan terakhir, BMKG mencatat sebanyak 17 kali gempa bumi dirasakan oleh masyarakat Indonesia dalam berbagai variasi magnitudo dan kedalaman.

  • Share