Walau Pandemi Pendapatan Pajak Pontianak Mulai Membaik

0 117

INIBORNEO, Pontianak – Memasuki triwulan tiga di bulan September, Kota Pontianak mengalami pencapaian kenaikan pajak sebesar 75 persen. Pemerintah Kota Pontianak berharap ini merupakan angin segar bagi perekonomian kembali stabil.

Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Pontianak, Hendro, mengatakan, kenaikan itu terjadi karena target yang awalnya sempat dipatok tinggi, namun kemudian diturunkan karena pandemi covid 19.

“Akibat pandemi covid 19 pertumbuhan ekonomi sempat di Kota Pontianak lesu. Hal ini karena lumbung pajak yang biasa berpotensial menyumbang PAD, seperti pajak restoran, hotel, PJU dan BPHTB mengalami kendala operasional,” katanya.

Regulasi yang membolehkan kegiatan usaha kembali beroperasi menjadi salah satu faktor peningkatan pendapatan. Walau di sektor hiburan pendapatan pajak belum lagi menunjukkan progress, tidak seperti tahun lalu yang sempat menjadi pendapatan asli daerah yang diunggulkan. “Larangan kegiatan kumpul-kumpul menjadi penyebab pajak hiburan tetap belum meningkat sampai kini. Seperti usaha bioskop, meski sudah buka, namun belum menampakkan peningkatan jumlah penonton,” katanya.

Tak hanya itu, pendapatan dari sektor perparkiran pun belum mengalami peningkatan yang signifikat, karena aturan pembatasan sosial. Terutama, lantaran pengunjung mall yang belum meningkat selama pandemic terjadi. “Jika sebelum covid, angka pengunjung ke Mall utamanya di hari libur mengalami peningkatan. Namun kini meski hari libur jumlah pengunjung juga tidak terlalu ramai,” kata dia.

Untuk triwulan akhir, Hendro pun berusaha melakukan upaya agar target capaian pajaknya bisa didapat. Ia pun berharap agar pandemi covid 19 di Kota Pontianak dapat segera tertangani dengan demikian geliat ekonomi di Kota Pontianak dapat kembali normal.

Kepada masyarakat yang menjalankan aktivitasnya diharapkan agar tetap menjalankan protokol kesehatan, dengan memakai masker, rajin mencuci tangan, membawa handsanitizer dan selalu menjaga jarak. Kepada pengelola usaha juga ditekankan untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan. “Dengan sinergi semua pihak, saya meyakini covid bisa ditangani dan ekonomi dapat terus tumbuh,” pungkasnya.*

Comments
Loading...