Wabup Minta Guru SD Miliki Kemampuan Bercerita

0 3

INIBORNEO, Sukadana – Wakil Bupati Kayong Utara Effendi Ahmad menghimbau kepada para guru Sekolah Dasar (SD) Kabupaten Kayong Utara agar memiliki kemapuan bercerita. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan emosi dan membentuk karakter anak.
“Cerita merupakan salah satu bentuk karya sastra yang dapat digunakan sebagai metode pengenalan bahasa yang efektif bagi anak. Menggambarkan hubungan antara manusia dan peristiwa yang terjadi dalam batin seseorang,” kata Effendi saat membuka Workshop di balai Nirmala (3/3).
Selanjutnya dalam Workshop yang digelar oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah, Wabup menekankan bahwa Setiap Guru sekolah Dasar wajib memiliki keahlian bercerita. Karena melalui metode bercerita menurutnya, guru dapat menularkan pengetahuan dan menambah nilai Budi pekerti luhur secara efektif kepada anak.
“Sekarang saja saya masih ingat cerita-cerita terdahulu yang pernah diceritakan semasa kecil. Usia anak – anak memang memerlukan metode bercerita untuk membentuk nilai budi pekerti dan jika menyentuh batin, mereka akan mengingatnya hingga dewasa,” kenangnya.
Kepada para guru yang mengikuti workshop, Wabup berpesan untuk mengikutinya dengan saksama serta mampu mengidentifikasi, memilih, mengembangkan, dan mempraktikan metode bercerita kepada Siswa.
“Guru harus memiliki dasar-dasar teknik bercerita, baik dari segi pemilihan kata, intonasi, menirukan suara maupun penyampaian cerita secara menarik. Memang kemampuan ini merupakan bakat alam, sama halnya dengan berpidato. Tapi jika tidak dilatih dan di asah terus, semua itu akan sia-sia,” tutupnya.

Comments
Loading...