Tips Memelihara Kesehatan Gigi Saat Pandemi

0 161

INIBORNEO.COM, Pontianak – Mengunjungi klinik gigi tentunya harus memerhatikan beberapa aspek. Protokol kesehatan yang aman, mengindarkan pasien dan tenaga kesehatan terkena covid 19. Tetapi ada beberapa hal yang dapat dilakukan sebelum berkunjung ke klinik gigi.

“Kita harus memastikan terlebih dahulu apakah klinik tersebut memenuhi syarat protokol kesehatan atau tidak,” kata drg Reza Azmi, Sabtu 14 November 2020. Cari tahu apakah di ruangan praktek ada alat penyedot sekaligus menyedot aerosol, supaya percikan air di udara tersedot di selang yang sudah tersedia.

Kalau dekat jendela agar dibuka supaya sirkulasi udaranya bagus. Lihat pula ada atau tidak exhaust fan, jika ruangannya jauh dari jendela. Pastikan pula klinik tersebut memiliki vacuum aerosol. Dokter gigi pasti akan melakukan sterilisasi sebelum dan sesudah menangani pasien.

Ruangan pun harus dibersihkan rutin dengan disinfektan. Dokter giginya harus menggunakn APD level 3. “sudah kayak astronot, berlapis-lapis. Dokter gigi juga harus menggunakan masker N94, sehingga filtrasinya 95 persen, mencegah virus tidak bisa masuk dan keluar,” katanya.

Tidak semua pemeriksaan bisa dilakukan, dokter hanya melayani pemeriksaan khusus atau darurat saja seperti perdarahan pada gigi, gusi bengkak, dan nyeri yang begitu hebat dan sudah terlalu lama, atau kecelakaan hingga menyebabkan gigi patah.

Perawatan gigi harus dibatasi atau dengan kondisi tertentu karena tindakan gigi banyak sekali yang mengandung aerosol dan penyebarannya sangat massif. Solusi lain, pasien dapat menunda periksa gigi dalam masa pandemi seperti saat ini dengan minum obat anti nyeri, pembersihan gigi harus baik dan teratur, menjaga makanan, kumur-kumur dengan menggunakan air hangat atauair garam.

Masyarakat juga harus menjaga kesehatan gigi yaitu dengan memperhatikan makan yang bergizi juga mengandung serat, serta memperhatikan kesehatan gigi dan mulut. “Ini merupakan bentuk pencegaha dari rumah,” katanya. Masyarakat juga diimbau untuk tidak makan makanan yang manis, serta melakukan pembersihan gigi yang optimal pada saat pagi dan malam sebelum tidur.

ASEANTY PAHLEVI

 

 

Comments
Loading...