Telkomsel Tambah Jaringan 4G di Lima Destinasi Unggulan Indonesia

0 112

INIBORNEO.COM, Jakarta – Telkomsel melakukan peningkatan dan penguatan kualitas jaringan terutama jaringan 4G di 5 lokasi super prioritas wisata di Tanah Air. Penambahan kapasitas jaringan broadband di lokasi destinasi wisata yakni; Danau Toba, Likupang, Borobudur, Mandalika, dan Labuan Bajo.

“Penambahan kapasitas jaringan ini guna melayani kebutuhan komunikasi wisatawan. Kami terus mendukung pemerintah untuk memajukan pariwisata di seluruh Indonesia,” kata Direktur Network Telkomsel, FM Venusiana R, melalui rilis resminya, 28 Januari 2020.

Penambahan dan penguatan jaringan broadband 4G Telkomesel di 5 destinasi super prioritas ini sejalan dengan fokus pemerintah tahun ini. Terlebih, potensi pariwisata Indonesia sangat besar ‎dan jumlah wisatawan dari mancanegara juga terus bertambah setiap tahunnya.

“Hal ini juga untuk mendukung dan mendorong terbentuknya ekosistem digital di 5 lokasi tersebut,” tambahnya. Untuk mendukung aksesibilitas jaringan broadband di 5 titik wisata super prioritas tersebut, Telkomsel menambah infrastruktur BTS 4G menjadi lebih dari 330 BTS 4G. Di kawasan Danau Toba, layanan 4G Telkomsel telah menjangkau hampir 100% wilayah populasi yang di antaranya meliputi Kawasan Wisata Danau Toba dan sekitarnya.

Di wilayah Likupang, layanan 4G Telkomsel telah menjangkau sekitar 75% wilayah populasi di keseluruhan area wisata yang saat ini Kawasan tersebut masih dalam pengembangan infrastruktur. Layanan 4G Telkomsel juga telah menjangkau hampir 100% populasi di kawasan Borobudur dan sekitar 90% wilayah populasi Labuan Bajo di dalamnya termasuk area wisata Labuan Bajo, Pulau Komodo, Pulau Rinca dan Pulau Padar, Bandar Udara Komodo, dan Pelabuhan ASDP Komodo.

Selain itu di Mandalika, layanan 4G Telkomsel telah menjangkau hampir 100% wilayah populasi yang di antaranya meliputi Pantai Kuta, Panjai Serenting, Pantai Tanjung Aan, Pantai Keliuw, Pantai Gerupuk hingga Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. Khusus di wilayah KEK Mandalika Telkomsel menghadirkan layanan 4G LTE untuk mensukseskan ajang MotoGP 2021 yang akan diadakan di wilayah tersebut.

Lebih lanjut, Venus menjelaskan bahwa perilaku komunikasi wisatawan kini sudah bergeser‎ dimana penggunaan layanan data untuk mengunggah foto dan video di tempat wisata lebih dominan dibandingkan penggunaan layanan SMS maupun suara.

Selain itu, wisatawan juga seringkali memanfaatkan layanan data untuk melakukan perjalanan mulai dari mencari informasi tempat wisata, pesan tiket, dan melakukan pembayaran secara online. Selain itu, layanan data juga digunakan ‎untuk mengakses informasi seputar kuliner, pertunjukan seni dan budaya‎ yang ada di sekitar lokasi wisata.

Hingga saat ini Telkomsel telah membanguan lebih dari 209.000 BTS dimana 160.000 di antaranya merupakan BTS 4G dan 3G. Selain itu, sekitar 14.990 BTS diantaranya adalah BTS di daerah 3T (Terdepan, Terluar, dan Tertinggal) hingga perbatasan negara Indonesia.

Dalam mendukung pemerintah mempromosikan pariwisata lokal, Telkomsel juga menyediakan channel khusus di aplikasi MAXstream. MAXstream turut mempromosikan tempat-tempat wisata tersebut dengan menayangkan content video yang sudah bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Daerah di mana di dalamnya menayangkan potensi wisata daerah Indonesia seperti contohnya di channel Explore Sumatera dan channel Dewita (Destinasi Wisata Digital) di Yogyakarta dan NTT.

“‎Selain melakukan optimalisasi jaringan di tempat-tempat wisata, kami juga menyediakan channel video di platform digital kami yaitu MAXstream. Kami sangat membuka kolaborasi dengan Dinas Pariwisata Daerah di seluruh Tanah Air untuk menayangkan konten video yang berisi potensi wisatanya.

Selain itu, pada tahun 2018 kami juga berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia meluncurkan kartu perdana khusus ‘simPATI Tourist Wonderful Indonesia’, di mana kartu perdana ini memiliki desain khusus yang memiliki spesifikasi layanan yang disesuaikan dengan kebutuhan wisatawan mancanegara. Ini semua sebagai wujud nyata kami untuk mendukung kemajuan pariwisata Indonesia agar dapat lebih bersaing secara global,” tutup Venus.***

Comments
Loading...