Setelah 24 Hari di ICU, PDP RS Anton Soedjarwo Dinyatakan Sembuh

0 432

INIBORNEO.COM, Pontianak – Pasien berinisial, M (59 tahun) yang berdomisili di Jalan Nirbaya, Pontianak pulang ke rumahnya setelah dinyatakan sembuh. M merupakan Pasien dalam Pengawasan (PDP) yang dirawat di Rumah Sakit Anton Soedjarwo.

“Sebelumnya, Ibu M datang ke RS Anton Soedjarwo dengan keluhan diare dan diabetes. Lalu Ia kemudian dirawat. Pada hari kedua perawatan, terjadi perburukan pernafasan sehingga harus dilakukan pemasangan ventilator,” ujar Wakil Kepala Rumah Sakit Anton Soedjarwo sekaligus penanggung jawab ICU, AKP dr. Sigit Sutanto, Sp.An.

M pun ditetapkan sebagai PDP (Pasien Dalam Pengawasan) COVID-19 dan kemudian dirawat di ICU RS Bhayangkara oleh tim dokter yang terdiri dari spesialis paru dr Nanda Aulia Putri SpP, spesialis anestesi dr Sigit Sutanto dan spesialis penyakit dalam dr Petrus Hasibuan sejak 11 April 2020.

Saat menjalani perawatan, pasien sempat kritis karena gagal nafas namun bisa merespon baik terhadap terapi obat-obatan dan mampu lepas dari ventilator setelah hari ke-8. Setelah lepas ventilator, pihak rumah sakit melakukan fisioterapi terhadap pasien untuk membantu mengeluarkan dahak dan mobilisasi, sembari menunggu hasil pemeriksaan swab.

Dari hasil foto rontgen, menunjukkan pemulihan dan dari swab terakhir menunjukkan dua kali negatif, sehingga diputuskan pasien dapat rawat jalan. Kisah ini mewakili beberapa kasus kesembuhan di Kalimantan Barat. Kasus akan terus bertambah jika warga Kalbar tidak memandang remeh aturan kebijakan yang dibuat, serta menaatinya.(*)

Comments
Loading...