Rangkaian 100-248 Dibuka di Pontianak

0 85

INIBORNEO, Pontianak – Pada hari Selasa (15/10/19), rangkaian kegiatan 100-248 Seratoes 248, 100 Tahun Surat Kabar Kalbar dan 248 Tahun Kota Pontianak secara resmi dibuka. Rangkaian ini terdapat pameran koran langka dan buku lokal konten.

“Kegiatan ini juga sebagai bentuk pengetahuan bagi masyarakat ternyata di Kalbar sudah ada media cetak sejak 100 tahun yang lalu,” ujar Penulis Pontianak Heritage sekaligus Inisiator kegiatan, Ahmad Sofian.

Beberapa surat kabar langka yang dipamerkan di antaranya surat kabar Halilintar, Soeara Borneo, Warta Borneo, Berani, Sinar Borneo, Kapoeas Bode, Oetoesan Borneo, Matahari Borneo, Borneo Barat, Borneo Shimbun, serta juga potongan halaman depan surat Borneo Barat Bergerak.

Rangkaian Pameran koran langka juga akan digelar di Kafe Daun Lebar di Jalan Sepakat 1, kemudian di Warung Kopi BOS di Jalan M Sohor, serta PMK Co-working Space di jalan Wonoyoso. Sedangkan kantor Perum LKBN Antara Biro Kalbar yang juga menjadi lokasi pembukaan, serta diskusi buku Borneo bagian barat jilid 1 dan yan tebrit tahun 1856.

Sebanyak 41 komunitas ikut serta dalam pameran koran atau surat kabar lama yang disebut “Seratoes – 248”. Sofian berharap kegiatan ini tidak hanya bernostalgia akan moment-moment itu, namun juga membawa pesan untuk bersama-sama kita ketahui dan tidak lupa akan sejarah penerbitan surat kabar. Serta potensi yang dimiliki oleh Pontianak dan Kalimantan barat.

Selain pameran koran langka, juga akan digelar pameran dan diskusi buku lokal. Seperti bedah Buku Borneo Westeraffdeling Jilid 1-2 (Veth, Alih Bahasa Yerry OFM Cap), kumpulan Cerpen demikian pada mulanya, Sejarah HMI Cabang Pontianak, Revolusi Oktober 1946 Di Kalimantan Barat, Novel DJAMPEA, Pers dan Sejarah Pemikiran Intelektual Di Borneo Barat serta lainnya.

Dikesempatan yang sama Kepala Perum LKBN ANTARA Biro Kalbar Teguh Imam Wibowo sangat mengapresiais, mendukung dan menyambut baik kegiatan tersebut. “Kegiatan ini juga sebagai bentuk pengetahuan bagi masyarakat ternyata di Kalbar sudah ada media cetak sejak 100 tahun yang lalu, serta mengajak kalangan muda dan masyarakat umum untuk tahu sejauh mana perkembangan media cetak di Kalbar ” ujarnya sesaat secara resmi membuka pameran koran lokal yang digelar oleh Lintas Komunitas di Kantor Perum LKBN Antara Kalbar, Selasa (15/10/2019).

Comments
Loading...