Rakor Sensus 2020, Wagub Kalbar Usulkan Sosialisasi Vertikal dan Bahasa Ibu

0 145

INIBORNEO, Pontianak – Rapat Kordinasi Dalam Rangka Sensus Penduduk 2020 digelar Senin, (17/2) dan dibuka oleh Wagub Kalbar, Ria Norsan. Dalam sambutannya, Ria mengusulkan adanya sosialisasi vertikal untuk mendukung kegiatan Badan Pencatat Statistik (BPS) kedepan.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Kalbar meminta kepada instansi vertikal, baik di Provinsi maupun Kabupaten dan Kota untuk memberikan informasi kepada seluruh jajarannya agar dapat membantu dan mendukung kegiatan pencatatan,” imbaunya.

Selain itu, Ria juga mengusulkan dalam kegiatan lapangan BPS untuk membawa penerjemah bahasa daerah.

“Nanti tolong BPS juga membawa orang-orang yang bisa berbahasa ibu karena banyak masyarakat tua yang belum bisa berbahasa Indonesia.”

Untuk mendukung kegiatan pencatatan sensus di tahun ketujuh, dihimbau kepada masyarakat untuk memberikan data yang akurat kepada pencatat agar data tersebut bisa langsung disimpan. Selain memberikan data secara langsung, pencatatan online pun sudah bisa diakses di sensus.bps.go.id.

BPS juga menyampaikan untuk saat ini jumlah penduduk keseluruhan Provinsi Kalbar berjumlah 5,4 juta penduduk dan terus meningkat dari tahun sebelumnya.

Comments
Loading...