Praktikum Di Tengah Pandemi, STIKES Yarsi Perketat Aturan

0 150

INIBORNEO.COM, Pontianak – Pembelajaran ada beberaapa yang semestinya mengharuskan mahasiswa untuk melakukan pembelajaran secara tatap muka, lalu bagaimana dengan praktikum, apakah tetap dilakukan? Mengingat pandemi Covid-19 yang sampai saat ini tetap masih ada, bahkan Kota Pontianak sendiri mendapat zona merah.

Salah seorang mahasiswa STIKES Yarsi Pontianak Risma Herman Dayanti (21) mengaku harus melaksanakan praktikum meski di masa pandemi Covid-19. Namun menurutnya pihak perguruan tinggi di tempatnya mengenyam pendidikan telah melakukan aturan yang ketat, seperti menerapkan prosedur sesuai protokol kesehatan, mencuci tangan sebelum masuk laboratorium, hingga menjaga jarak serta membatasi jumlah peserta praktikum dalam satu ruangan.

“Biar aman, kami diwajibkan mencuci tangan, memakai masker, dan sarung tangan,” ungkap mahasiswi semester 7 ini.

Ketua STIKES Yarsi Pontianak, Uti Rusdian Hidayat mengatakan saat ini penggunaan laboratorium kesehatan di perguruan tinggi tersebut dapat digunakan dengan catatan jumlah mahasiswa yang menggunakan dibatasi. Selain itu, jarak antar mahasiswa juga diatur sedemikian rupa guna mencegah potensi terpapar virus.

“Juga disediakan tempat mencuci tangan, sanitizer, serta ditempatkan salah satu fasilitator lab yang memastikan protokol kesehatan berjalan, baik itu saat melakukan demonstrasi, simulasi maupun ujian praktikum,” katanya.

Sama dengan perguruan tinggi lainnya, Meskipun untuk saat ini aktivitas pembelajaran secara normal belum dapat dilakukan, namun aktivitas pembelajaran masih tetap dilakukan secara virtual dengan aplikasi.

Di sisi lain, pihaknya juga terus mendorong mahasiswa menjadi agen perubahan dalam mendorong perilaku adaptasi baru di lingkungan sekitar. Sebagai perguruan tinggi yang bergerak di sektor kesehatan, para mahasiswa dinilainya perlu memberikan kontribusi dalam menekan menyebarkan covid-19.

“Kami terus dorong mahasiswa untuk melakukan sosialisasi pencegahan covid-19, serta aktif berkampanye di akun media sosial,” Pungkasnya.

Comments
Loading...