Menu
Ini Borneo
banner 728x250

PLN Berhasil Uji Coba PLTU IPP Kalbar-1

  • Bagikan
banner 468x60

INIBORNEO.COM,Bengkayang. PLN berhasil melakukan pengujian Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) IPP Kalbar-1 unit 2 yang berlokasi di Bengkayang, Kalimantan Barat, Jumat (11/06). Pengujian ini dilakukan untuk melihat keandalan (realibility run) pembangkit dengan mengoperasikannya selama 72 jam dan dilakukan pembebanan pembangkit selama 92 jam.

Keberhasilan pengujian pembangkit yang memiliki 2 unit pembangkitan dengan berkapasitas masing-masing sebesar 100 megawatt (MW) ini menandakan bahwa pembangkit dapat dioperasikan dengan baik dan siap menyalurkan 200 MW daya listrik tambahan untuk pelanggan, dengan begitu kelistrikan Kalbar Semakin Mandiri dan Andal.

banner 336x280

“Dengan beroperasinya PLTU ini akan dapat menurunkan volume pembelian listrik dari Sesco Malaysia hingga 48 persen. Tentu saja hal ini turut meningkatkan kemandirian dan ketahanan energi nasional, khususnya di Kalimantan Barat,” ujar General Manager PLN Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Barat (Kalbagbar), Didik Mardiyanto

Ia juga menjelaskan bahwa, saat ini Sistem Kelistrikan Khatulistiwa memiliki daya mampu sebesar 592 MW dengan beban puncak sebesar 398 MW.

“Masuknya PLTU yang berada di Desa Karimunting ini dapat meningkatkan cadangan daya menjadi sebesar 194 MW,” jelasnya.

Disamping itu, Didik mengatakan, bahwa hal ini dilakukan sesuai dengan targetkan yang diharapkan, sehingga kedua unit PLTU sudah dapat beroperasi penuh pada pertengahan tahun ini. Tentunya keberhasilan pengujian ini akan menjadi kado manis untuk bagi pelanggan karena listrik yang dapat dipasok akan semakin andal.

“Kita berharap keandalan listrik ini dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan menumbuhkan iklim investasi positif di Kalbar,” ucapnya

Pembangkit listrik milik pengembang PT GCL Indo Tenaga dan dioperasikan oleh PT Cogindo ini berdiri di lahan seluas 55 hektare. Selain meningkatkan kemandirian energi, pembangkit ini dikembangkan untuk memangkas biaya pokok produksi listrik, mengurangi penggunaan pembangkit berbahan baku diesel, dan menghentikan pembangkit-pembangkit sewa. (rilis)

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *