Menu
Ini Borneo
banner 728x250

Peresmian Pusat Pembelajaran Sir Michael Uren di Kalimantan Barat

  • Bagikan
banner 468x60

INIBORNEO, Ketapang– International Animal Rescue (IAR) Indonesia mendirikan sebuah pusat pembelajaran bagi masyarakat umum dengan nama ‘Sir Michael Uren’. Dia adalah filantropis dari Inggris yang telah mendukung kegiatan IAR selama sepuluh tahun lebih.

“Saya sangat yakin bahwa Ketapang Education and Learning Centre akan sangat sukses. Tempat ini akan menawarkan kesempatan tak terbatas dalam meningkatkan kepedulian di kalangan anak muda dan orang dewasa tentang isu-isu lingkungan hidup dan konservasi yang dihadapi Indonesia saat ini,” ungkap Sir Michael. 

banner 336x280

Dia juga yakin bahwa tempat ini akan menjadi pusat tumbuh dan berjalannya banyak ide maupun inisiatif untuk membantu mengkonservasi keanekaragaman hayati yang dimiliki Indonesia, bagi generasi yang akan datang.

IAR adalah organisasi memiliki komitmen pada penyelamatan dan rehabilitasi dan perlindungan primata Indonesia seperti kukang, monyet, dan orangutan dengan menjalankan dua pusat rehabilitasi di Bogor, Jawa Barat dan Ketapang, Kalimantan Barat. 

Pusat Pembelajaran ini diresmikan pada Rabu, 10 Juli 2019. Dihadiri oleh Alexander Rombonang, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Kalimantan Barat, mewakili Gubernur Kalimantan Barat,  Sutarmidji, dan Farhan, selaku Sekretaris Daerah Kabupaten Ketapang, serta para pejabat daerah lainnya. Hadir pula Alan Knight OBE, selaku Chief Executive IAR Inggris, yang mewakili Sir Michael Uren.

“Untuk melindungi ancaman utama keanekaragaman hayati Indonesia, kita harus melakukan konservasi dan pembangunan berkelanjutan yang meliputi aspek ekonomi, sosial, dan budaya. Keberadaan Pusat Pembelajaran Sir Michael Uren ini diharapkan bisa menunjang upaya konservasi yang melibatkan semua pihak,” ujar Sutarmidji.

Pusat pembelajaran tersebut bertempat di komplek kantor IAR Indonesia Jl. Ketapang-Tanjungpura, km.1,3 Ketapang, Kalimantan Barat. Memiliki Visi mempertemukan komunitas lokal, sektor swasta, lembaga penelitian akademik, serta organisasi pemerintah dan non-pemerintah. Misinya sendiri membangun kesadaran, pengetahuan, dan kemampuan melalui penelitian dan pendidikan untuk melindungi lingkungan dan memungkinkan pertumbuhan berkelanjutan  di Kabupaten Ketapang.

Tujuan dari pusat pembelajaran ini sebagai penyebarluasan pengetahuan dan informasi, pengembangan penelitian, pemberdayaan masyarakat, dokumentasi  arsip, dan kerjasama di bidang keanekaragaman hayati, serta konservasi alam perlindungan satwa, dan budaya bagi komunitas lokal maupun generasi muda.  Visi, misi, dan tujuan Pusat Pembelajaran ini direfleksikan dengan pengelolaan bangunan yang menekankan pada zero emission dan zero waste dengan keberadaan fasilitas solar panel dan bio digester.

Memiliki desain seperti bangunan tradisional Kalimantan, Bangunan pusat pembelajaran ini memiliki sejumlah fasilitas seperti akomodasi ruang rapat yang luas untuk lokakarya dan presentasi, kafe, dan ruang terbuka untuk pelatihan maupun seminar. Desain bangunan ini dirancang oleh rumah desain Akanoma yang dipimpin arsitek kenamaan Indonesia, Yu Sing, yang secara khusus merancang bangunan ini.

Sebelumnya, Michael Uren Learning Centre telah mendapat kunjungan awal oleh Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem Ir. Wiratno, pada 5 April 2019. Kunjungan sebagai soft launching ini dilakukan secara simbolis oleh Wiratno dengan ritual “Pancung Buluh Muda”, Yang merupakan ritual penyambutan tamu Suku Dayak pada umumnya. (*)

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *