Kayong Utara Peroleh Reward Pengguna Data Penginderaan Jauh Terbaik 2019

0 34

INIBORNEO.COM, Sukadana – Pemerintah Daerah Kabupaten Kayong Utara menerima penghargaan sebagai pengguda data penginderaan jauh terbaik tahun 2019, dari Lembaga Antariksa Nasional.

“KKU kembali memeroleh reward berupa Piagam Penghargaan Indriyana Mandrawa Deputi Bidang Penginderaan Jauh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional,” ujar Sekretaris Daerah, Hilaria Yusnani, kepada Iniborneo, 28 Januari 2020.

Penghargaan itu diberikan disela-sela Rapat Koordinasi Nasional Lembaga Antariksa Nasional tentang Pusat Teknologi Data dan Penginderaan Jauh di Hotel Pan Facifik Jakarta.

Penghargaan ini merupakan apresiasi dari Lapan terhadap Pengguna Data Penginderaan Jauh Terbaik Tahun 2019 untuk dimanfaatkan buat Pembangunan di Kabupaten Kayong Utara.

“KKU sangat terbantu dari Data Penginderaan Jauh diantaranya adalah Penyelesaian Batas Desa, Penyusunan Tata Ruang dan Rencana Detail Tata Ruang, Penyusunan Data Base Toponimi dan Rupa Bumi, Penyusunan Data Aset Daerah, Penyusunan Data Lahan Pertanian dan Perkebunan, Suksesi Sail Selat Karimata, dan penyusun rencana Pembangunan Bandara Sukadana,” papar Hilaria.

Namun, Pemkab KKU masih memerlukan data penginderaan jarak jauh agar pembangunan di Kayong Utara lebih maksimal. Kerjasama dengan Lapan akan dimulai dengan melakukan Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manuasia dimulai dengan pelatihan oleh Lapan pada tgl 3-7 Februari 2020 untuk staf teknis OPD KKU, dan tgl 9-20 Maret untuk Staf teknis Desa bertempat di pusat pelatihan dan Diklat Lapan di Jakarta.

Kedepan pembangunan Kayong Utara didorong untuk memaksimalkan data Penginderaan Jauh diantaranya Digitalisasi data informasi Kependudukan, Digitalisasi Data Perpajakan, Digitalisasi Data BPJS, Digitalisasi data Kawasan Kumuh dan Permukiman, Digitalisasi Data Jalan, Penyusunan Tata Ruang Desa dan Profil Desa, Pembutan Digitalisasi dan Aplikasi Potensi Penangkapan Ikan di KKU, Penyusunan Data Sarana dan Prasarana Perhubungan dan Lampu Jalan.

Secara bertahap akan disosialisasikan dan digalakkan selaras dengan dimaksimalkannya kapasitas SDM di KKU melalui Bimtek Lapan dan Pendampingan dari OPD penggerak di KKU.

“Bersama kita bawa KKU ke arah perubahan lebih baik melalui data penginderaan jauh dan data yang smart,” tutup Hilaria.(*)

Comments
Loading...