Kalimantan Selatan Jadi Tuan Rumah Festival Ekonomi Syariah

0 63

Pada tahun 2019 kota Seribu Sungai, Kalimantan Selatan dipercaya untuk menjadi tuan rumah dalam penyelanggaraan ‘Festival Ekonomi Syariah (FESyar) Kawasan Timur Indonesia (KTI)’ dengan tema Bergerak Bersama Ekonomi Syariah.

FESyar KTI 2019 kali ini merupakan perhelatan FESyar ketiga kalinya setelah dua tahun sebelumnya dilaksanakan di Makassar (2017) dan Balikpapan (2018). Penunjukan Kalimantan Selatan sebagai tuan rumah Fesyar KTI 2019 merupakan suatu kehormatan dan sesuai dengan akar sejarah Kalimantan Selatan sebagai salah satu pusat penyebaran Islam di Nusantara.  Kehadiran konsep ekonomi syariah di masyarakat Banjar merupakan hal yang tidak asing lagi karena nilai-nilai ajaran Islam yang berkaitan dengan hal tersebut sudah menjadi kebiasaan.

Potensi Kalimantan Selatan terbilang besar untuk mengembngkan ekonomi syariah sebagai salah satu sumber pertumbuhan ekonomi baru. Kalimantan Selatan memiliki jumlah penduduk muslim sebanyak 3,5 juta jiwa atau 96,7% dari total populasi penduduk di Kalimantan Selatan, didukung dengan 283 Pesantren yang juga merupakan terbanyak di Wilayah Kalimantan. Namun demikian, ekonomi keuangan syariah tidak hanya secara eklusif ditunjukan kepada umat Islam saja, namun secara inklusif dapat dimanfaatkan untuk berbagai kalangan dan khalayak umum.

Dengan tema Bergerak Bersama Ekonomi Syariah diharapkan dapat mendorong pengembangan ekonomi syariah kedepannya, agar mampu menjadi salah satu penggerak pertumbuhan ekonomi nasional khususnya di kawasan Indonesia Timur. Kegiatan ini merupakan perwujudan dari pilar ketiga cetak biru pengembangan ekonomi dan keuangan syariah yakni dari sektor penguatan riset, sektor asesmen, dan sektor edukasi.

Peserta Fesyar KTI terdiri dari berbagai wilayah yang mencakup Wilayah Kalimantan, Wilayah Bali dan Nusa Tenggara (balinusra) dan Wilayah Sulawesi, Maluku, Papua (Sulampua) yang mengikutsertakan 19 Kantor Perwakilan Bank Indonesia dalam Negeri.

Comments
Loading...