Kabel Bawah Laut Solusi Listrik Pulau Maya

0 108

INIBORNEO.COM, Sukadana – Saat ini listrik PLN memang sudah memberikan penerangan di Pulau Maya, mulai dari Tanjung Satai hingga Desa Kemboja dengan waktu menyala hanya dari jam 5 sore hingga jam 6 pagi. Untuk itu Bupati Kayong Utara, Citra Duani meminta PLN Wilayah Sukadana untuk dapat mengaliri listrik ke Pulau Maya melalui jaringan listrik yang ada di Kayong Utara.

“Saya sudah minta dengan PLN untuk menyambung kabel bawah air dari Telok Batang ke Kemboja Baru,” jelas Bupati ketika memimpin rapat bersama OPD.

Untuk merealisasikan jaringan listrik ini, PLN menurut Bupati sudah melakukan perhitungan biayanya. “PLN sudah menghitung anggarannya, kita tinggal menunggu realisasi dari mereka,” tuturnya lagi.

Selain Kecamatan Pulau Maya, bupati juga menargetkan Kepulauan Karimata juga dapat dialiri listrik PLN. “Listrik ini kebutuhan dasar masyarakat, Pemerintah harus menyediakan,” imbuhnya.

Jumat (13/3) yang lalu, Bupati dan PLN sukadana juga melakuan kerjasama (MOU) mengenai pemanfaatan dana pajak penerangan lampu jalan. “Kita berusaha memberikan penerangan lampu jalan, pada lokasi yang gelap. Kita akan melakukan  secara bertahap, sesuai dengan program kita bersih dan bersinar,” tutur Bupati.

Kepala PLN Sukadana,  Pulung gandhi prabowo  ketika dikonfirmasi mengenai keinginan bupati untuk menyambung kabel bawah laut dari Telok Batang ke Kamboja menuturkan, sudah mengusulkan hal ini ke PLN wilayah Kalimantan Barat. Dia juga berharap secepatnya dapat terealisasi.

Berdasarkan perhitungan mereka, kabel yang akan  digunakan dari Telok Batang ke Kamboja Baru sepanjang 1 kilo meter melewati bawah laut dan memerlukan 380 batang tiang listrik untuk dapat menghubungkan aliran listrik hingga ke Tanjung Satai.  “Sudah kami usulkan ke PLN wilayah,” jelas kepala PLN sukadana kepada Bupati di saat pendatangkan MOU antara Pemkab Kayong Utara dengan PLN Sukadana.

Comments
Loading...