Inilah Enam Kegiatan Utama Festival Ekonomi Syariah

0 79

INIBORNEO, Pontianak – Bertemakan “Bergerak Bersama Ekonomi Syariah”, Festival Ekonomi Syariah (FESyar) Kawasan Timur Indonesia (KTI) yang tahun ini bertuan rumahkan di Kalimantan Selatan sejak Juni hingga September 2019 memiliki enam kegiatan utama, antara lain seminar, kuliah umum, bedah buku, forum bisnis, tabligh akbar dan pameran. Kegiatan-kegiatan tersebut akan secara resmi dibuka oleh Gubernur Bank Indonesia, Rosmaya Hadi.

Kegiatan pertama yaitu seminar yang akan dilaksanakan mengusung unsur-unsur Syariah, seperti sertifikasi halal, pengembangan usaha, pemberdayaan ekonomi produktif dana ziswaf dan pesantren. Kemudian ada juga focus group discussion (FGD) dan workshop training.

Kegiatan kuliah umum dan talkshow akan dilaksanakan pada tanggal 13 september 2019 dengan mengusung tema fashion, makanan dan ekonomi islami. Lalu ada juga bedah buku #generationmuslim “Islam Itu Keren”.

FESyar tahun ini juga menyelenggarakan beberapa lomba yaitu lomba ziswaf unggulan, lomba pesantern unggulan, lomba tarian kreasi dan lomba nasyid. Selain itu, terdapat juga grand final wirausaha muda Syariah KTI serta forum bisnis yang mana memepertemukan pelaku usaha, investor, pembiayaan, dan berbagai pihak yang terkait untuk memperolah kesepakatan bisnis yang sesuai dengan modal usaha Syariah. Kegiatan ini sekaligus pameran yang terdiri dari 44 booth dan bertempat di Hall Atrium Duta Mall Banjarmasin.

Kemudian kegiatan tabligh akbar akan langsung dipandu oleh KH. Muhammad Mukri Yunus, Pimpinan Pondok Pesantren Nurul Hijrah Jorong, dengan tema “Ekonomi Syariah sebagai Rahmatan Lil Alamin” pada 13 September 2019.

Selain enak kegiatan diatas, terdapat juga Shari’a Fair yang buka dari 12-14 September 2019 dan diikuti lebih dari 30 UMKM binaan Kantor Perwakilan Bank Indonesia di seluruh wilayah KTI.(*)

Comments
Loading...