HSBC Indonesia – WVI Dukung Respons COVID-19 di Indonesia

Selain APD, disalurkan juga bantuan untuk keluarga yang terdampak wabah secara ekonomi

0 105

INIBORNEO.COM, KUBU RAYA – PT Bank HSBC Indonesia (HSBC Indonesia) bekerja sama dengan Yayasan Wahana Visi Indonesia menyalurkan dukungan untuk penanganan pandemi COVID-19 di Indonesia berupa perlengkapan alat pelindung diri (APD) di wilayah pedalaman Kalimantan Barat dan bantuan tunai dalam bentuk voucher digital kepada keluarga di DKI Jakarta yang terdampak COVID-19 secara ekonomi.

“Saat dunia dihadapkan pada pandemi COVID-19, HSBC Indonesia bersama seluruh masyarakat di Indonesia membantu membatasi penyebaran virus dan meringankan kesulitan ekonomi yang dihadapi oleh masyarakat akibat wabah ini, di tempat kita tinggal dan bekerja. Prakarsa yang sedang berlangsung mencakup banyak aspek untuk menangani tantangan ini. Dari staf dan lingkungan kerja, ke proses dan teknologi serta bantuan untuk nasabah, masyarakat dan pemerintah, Bank berkontribusi dalam segala cara,” kata Sumit Dutta, Presiden Direktur PT Bank HSBC Indonesia.

Paket APD akan didistribusikan ke puskesmas-puskesmas di 7 Kabupaten di Kalimantan Barat yaitu Bengkayang, Sambas, Kubu Raya, Landak, Sekadau, Melawi, dan Sintang. Sejauh ini, ada 58 kasus positif Covid-19 terkonfirmasi di Kalbar, dengan tujuh orang sembuh dan tiga orang meninggal dunia. Dengan jumlah kasus yang terus bertambah, ketersediaan alat pelindung diri (APD) untuk para tenaga medis sangat minim karena terbatasnya anggaran pemerintah. Padahal tenaga medis sangat rentan terpapar Covid-19.

Selain itu, bantuan juga akan diberikan dalam bentuk voucher Bantuan Sosial Multiguna untuk membantu kelangsungan hidup keluarga yang mata pencahariannya terdampak pandemi COVID-19 di Jakarta. Bantuan akan diberikan untuk 525 keluarga di Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, yang selama ini banyak bekerja di sektor informal dan menjadi pekerja harian. Selama pandemi, pendapatan mereka turun hingga 50 persen, sehingga mengalami kesulitan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Langkah ini merupakan lanjutan dari serangkaian kontribusi HSBC Indonesia dalam penanganan pandemi Covid-19, terutama di daerah yang rentan.

Head of Sustainability PT Bank HSBC Indonesia, Nuni Sutyoko menambahkan, HSBC Indonesia bermitra dengan berbagai organisasi yang memiliki kapasitas dan kompetensi yang tepat untuk dapat membantu menyalurkan kontribusi, salah satunya WVI. “Rangkaian kontribusi kemasyarakatan HSBC Indonesia terkait Pandemi ini juga mencakup penyuluhan terkait pentingnya menjaga jarak sosial, sanitasi, dan diam di rumah, terutama bagi masyarakat rentan. Kami senantiasa menggali beragam cara kami dapat membantu dampak jangka pendek maupun jangka panjang terkait kegiatan ekonomi masyarakat. Kami akan kabarkan tiap langkah yang akan kami lakukan,” katanya.

Doseba T. Sinay, Direktur Nasional Wahana Visi Indonesia, mengapresiasi kepercayaan serta donasi yang diberikan oleh HSBC. “Dalam masa pandemi COVID-19 ini, tentunya kepedulian kita sangat dibutuhkan. Kita perlu melakukan upaya bersama yang terus-menerus untuk mendukung mereka yang berjuang di garis depan. Mereka adalah tenaga kesehatan yang sangat berisiko terpapar oleh virus ini. Demikian juga untuk keluarga-keluarga yang terdampak secara ekonomi akibat merebaknya pandemi COVID-19 di Indonesia, secara khusus keluarga dengan anak-anak yang masih memerlukan gizi yang cukup bagi pertumbuhan mereka,” ujar Doseba dalam seremoni virtual bersama HSBC.

Comments
Loading...