Ditengah Pandemi, Samara Suites Tetap Fokus Pada Penyelesaian Proyek Apartemen Tersertifikasi Bangunan Hijau EDGE

0 1.624

INIBORNEO.COM, Pandemi covid-19 yang melanda Indonesia sejak awal 2020 juga berimbas ke sektor properti di Indonesia. Meskipun demikian, Samara Suites yang merupakan salah satu proyek apartemen besutan Synthesis Development tetap menunjukan progres pembangunan.

Managing Director Samara Suites, David Lo menuturkan, melihat kondisi properti di Indonesia beberapa bulan terakhir ini memang dirasakan adanya penurunan, namun ia tetap optimis jika pasar properti akan kembali naik.

Meskipun dalam kondisi pandemi seperti sekarang, pembangunan proyek Samara Suites yang saat ini dalam tahap finishing masih tetap berlanjut dan berjalan, namun pengerjaan proyek tetap perlu mengutamakan protokol kesehatan sesuai dengan arahan pemerintah.

“Apalagi saat ini sedang diberlakukan kembali PSBB (pembatasan sosial berskala besar) di Jakarta, pasti pergerakan para pekerja kami akan sedikit terbatas karena salah satunya harus selalu menerapkan social distancing,” ucap David Lo.

Samara Suites yang mengusung konsep ‘business apartment’ juga telah meraih sertifikat Exellence in Design for Greater Efficiencies (EDGE) dari Green Building Council (GBC) Indonesia. Sistem sertifikasi EDGE diberikan kepada bangunan yang menerapkan praktik-praktik bertanggung jawab kepada lingkungan di negara berkembang tanpa bertentangan dengan prinsip-prinsip bisnis.

Dengan dikantonginya sertifikat EDGE, membuktikan bahwa apartemen yang berada di kompleks Synthesis Square, Jl. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, ini telah mengoptimalkan rancangan bangunannya sehingga efisien dalam penggunaan listrik, air, serta bahan bangunan.

Menurut David, sertifikasi EDGE ini menjadi refleksi kepedulian Synthesis Development sebagai pengembang dalam mengedepankan pola hidup ‘go green’ untuk mendukung lingkungan dan kehidupan yang lebih sehat di tengah kota, juga menambah kenyamanan penghuni baik lewat bangunan, fasilitas, maupun lanskap.

“Kami punya kewajiban untuk menciptakan lingkungan hidup yang lebih kondusif dan bersahabat. Salah satu upaya ke sana yaitu menciptakan produk yang efisien, termasuk untuk kualitas hidup penghuninya. Kami ciptakan kenyamanan dari sisi apartemennya mulai dari lokasi strategis hingga kemudahan akses transportasi,” tuturnya.

 

Samara Suites memiliki akses transportasi memadai di jalan Gatot Subroto, tidak jauh dari jalan tol, transportasi publik, pintu tol dua arah, jalur Trans Jakarta, dan ke depannya akan dilalui oleh LRT (Light Rapid Transit).

Di sisi lain, penggarapan transportasi publik LRT oleh pemerintah terus berjalan. Menurut pihak pemerintah, progres pengerjaan konstruksi hingga Februari 2020, konstruksi LRT Jabodebek sudah menyentuh angka 70,26%. Menurut pihak terkait, seluruh lintasan itu ditargetkan akan rampung pembangunannya pada pertengahan 2022. 

 

“Banyak pakar transportasi dan perkotaan yang mengungkapkan bahwa properti di sekitar transportasi publik terutama yang dekat dengan MRT (Mass Rapid Transit) dan  LRT (Light Rapid Transit) pasti akan mengalami kenaikan. Oleh karena itu, kalau LRT sudah mulai beroperasi, bisa dipastikan nilai investasi Samara Suites akan ikut mengalami kenaikan,” pungkas David. (r-papiadjie)

Comments
Loading...