Cerdik, Bupati Muda Bikin ‘Jebakan’ Buat Warganya

0 21

INIBORNEO, Kubu Raya – Meningkatkan angka literasi di daerah-daerah terpencil memerlukan terobosan yang tidak biasa. Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan, membuat ‘jebakan’ positif dengan program ‘Membacakan’ yang telah dibuat Peraturan Bupati sebagai regulasinya.

“Ini Jebakan positif. Kita suguhkan bacaan. Setelah itu, mereka penasaran, lalu mulai mencari bacaan,” kata Muda, Kamis 30 Januari 2020. Peraturan Bupati yang diterbitkan, akan ditindaklanjuti dengan arahan dari kepala dinas pendidikan sebagai petunjuk pelaksanaan.

“Jadi, setiap Jumat, murid-murid sekolah akan membacakan cerita kepada warga di sekitarnya,” ujar Muda, Kamis 30 Januari 2020. Banyak manfaat yang didapat dengan program ‘Membacakan’ ini. Murid-murid dilatih tampil di depan umum, meningkatkan rasa percaya diri dan menggugah warga sekitar untuk tertarik membaca.

Sebelum program ini dicanangkan ke publik, Muda telah menggodok ide-ide tersebut bersama pegiat literasi di Kalimantan Barat. “Semua relawan, tidak ada yang dibayar. Termasuk beberapa desa yang menjadi pilot project,” kata dia.

Ahmad Sofie, pegiat literasi sekaligus mengkoordinir program ini, mengatakan, masyarakat sangat antusias untuk terlibat aktif. “Tua muda, mereka bersemangat. Bahkan, ada daerah yang harus menggunakan perahu agar bisa membacakan cerita ke daerah lain,” kata Sofie.

Antusiasme warga ini, kata dia, memicu semangat para relawan untuk terus mendampingi dan membantu membuat modul-modul bacaan yang memuat konten lokal. Relawan juga mendorong, para guru untuk dapat menulis, baik opini maupun pengalaman pribadi selama mengajar di daerah.

Comments
Loading...