BKKBN Perkenalkan Logo Baru

0 17

INIBORNEO, Pontianak – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) yang sebelumnya eksis dengan tagline “dua anak cukup”, kini tampil dengan logo baru dengan citra lebih modern. Rabu (8/1/2020), Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Barat mengenalkan logo baru “BKKBN” yang terkesan milenial tersebut ke Wakil Gubernur Kalbar, Ria Norsan di Pontianak.

“Logo baru, semangat baru di tahun baru. Branding baru ini tidak lagi memperlihatkan jumlah anak dan pasangan, tetapi bagaimana hati yang suci untuk mencapai perencanaan keluarga. Jadi membentuk keluarga yang betul-betul dengan perencanaan yang matang, bukan karena terpaksa atau tidak sengaja,” kata Kepala Perwakilan BKKBN di Kalbar, Kusmana usai bertemu dengan Ria Norsan di ruang kerja Wagub.

Logo yang lebih millennial, tambah Kusmana, juga berkaitan dengan bonus demografi yang akan datang. Selain itu, kaum millennial juga sudah menjadi focus BKKBN Kalbar yang sudah digalakkan sebelumnya. Sehingga, ia melanjutkan, re-branding logo BKKBN menjadi penting sebagai sebuah cara baru dalam berkomunikasi dengan masyarakat.

“Untuk Kalbar, kita punya permasalahan sosial millennial yang menjadi kepentingan BKKBN untuk menanggulanginya. Antara lain nikah muda, melakukan hubungan diluar nikah dan ketiga, narkoba. Maka itu, logo ini juga menyesuaikan tantangan generasi millennial,” ucapnya.

Sementara menurut Wagub Kalbar Ria Norsan, logo baru tersebut memperkuat arti pentingnya cinta keluarga. Termasuk bagaimana merencanakan membuat keluarga yang berkualitas

“Persiapannya harus sedini mungkin agar anak berhasil di masa depan. Kalu dulu, dua anak cukup, sekarang, lebih juga boleh tapi harus berkualitas,” ujar Ria Norsan.

Masih menurut Norsan, pentingnya keluarga karena keluarga merupakan cerminan kehidupan di masyarakat. Jika masyarakatnya bagus maka kehidupan di masyarakat juga bagus. Untuk itu, ia menyatakan dukungan pemprov Kalbar untuk ikut mensosialisasikan pesan dari logo tersebut.

“Mulai dari keluarga, kita mulai membina masyarakat karna keluarga merupakan cerminan terkecil dari kehidupan bermasyarakat. Pemprov Kalbar siap ikut mensosialisasikan logo baru ini karena membawa pesan yang strategis bagi daerah,” ujar Ria Norsan.

Logo Baru

BKKBN dihadapkan dengan sebuah tantangan baru untuk lebih dekat dengan kaum milenial dan zilenial. Dengan logo baru ini, BKKBN tidak melulu dikaitkan tentang kontrasepsi tapi lebih kepada pembangunan perencanaan kehidupan dari kanak-kanak hingga dewasa sehingga dapat meningkatkan taraf hidup keluarga dan masyarakat. Dengan adanya logo baru ini diharapkan dapat menjawab tantangan dari kaum milenial dan zilenial.

Logo baru BKKBN tersusun dari beberapa komponen yang membentuk satu kesatuan harmonis yang saling mengisi dengan warna biru yang elegan yang melambangkan kestabilan BKKBN dalam menjadi partner perencanaan keluarga dan masyarakat. Inilah 4 komponen dalam logo BKKBN dengan citra modern:

1. Cinta (gambar hati)

Logogram diadopsi dari lambang cinta yaitu hati yang merepresentasikan bahwa awal dari sebuah perencanaan adalah dari kasih sayang keluarga dan keharmonisan keluarga yang didukung dengan lingkungan yang selalu mendukung.

2. Merangkul

BKKBN akan selalu berusaha untuk merangkul memfasilitasi dan menjadi partner dalam setiap perencanaan yang dilakukan oleh keluarga dan masyarakat dari masa kanak-kanak sampai dewasa.

3. Kupu-kupu

Kupu-kupu adalah lambang perencanaan dan proses. Hal itu dapat dilihat dari proses metamorfosis kupu-kupu dari seekor ulat hingga menjadi kupu-kupu yang indah.

4. Tak Terbatas

Pencapaian harus direncanakan tanpa batas. Setiap jatuh harus bangun tanpa henti begitupun BKKBN tanpa lelah akan terus menjadi partner keluarga dan masyarakat.

Comments
Loading...