AJK Desak Pemda Sikapi Situasi Terakhir Wabah Corona

0 16

INIBORNEO.COM, Ketapang – Aliansi Jurnalis Ketapang (AJK) mendesak Pemerintah Daerah (Pemda) Ketapang untuk mengambil sikap atas situasi terakhir Wabah Corona. Ketua AJK, Theo Bernadhi meminta Pemkab Ketapang untuk responsif atas persoalan ini, terlebih saat ini Pemerintah Provinsi Kalbar melalui Gubernur Kalbar telah membuat kebijakan untuk menghentikan aktivitas yang melibatkan masyarakat banyak.

“Termasuk kebijakan libur sekolah yang telah disampaikan Gubernur Kalbar, tentu hal tersebut harus direspon segera oleh Pemkab Ketapang dengan melakukan koordinasi dan mengambil kebijakan-kebijakan dalam penanggulangan kasus covid-19 ini,” pintanya.

Theo menilai, Ketapang hari ini selalu dimasuki masyarakat baik masyarakat asli Ketapang yang baru pulang dari bepergian atau pendatang yang bekerja di Ketapang, hal ini tentu harus disikapi sebagai upaya penanggulangan penyebaran covid-19.

“Pemkab harus menentukan sikap, Bupati harus segera melalukan Konpres terkait sikap dan kebijakan daerah, jangan sampai kita bergerak setelah ada kasus, karena hari ini sebagian negara-negara eropa sedang dilanda penyebaran virus corona ini, tentu harus ada kesiap siagaan dan strategi dalam penanganan persoalan ini,” mintanya.

Menurut Theo, harus ada action nyata yang dilakukan misalkan berkoordinasi dengan pihak terkait dalam hal melakukan penyemprotan cairan Disinsfektan, melakukan upaya sanitasi, penyediaan hand sanitizer dilokasi-lokasi keramaian hingga perkantoran dan sekolah.

“Serta imbauan gotong royong kebersihan dilingkungan masing-masing bahkan meniadakan kegiatan-kegiatan yang melibatkan banyak masyarakat sebagai langkah pencegahan terhadap penyebaran covid-19 lantaran saat ini masih banyak kegiatan yang melibatkan masayarakat banyak yang dilakukan di Ketapang,” tegasnya. (Yas/15/3/2020)

Comments
Loading...