4 Warga Ketapang Terkategori ODP Corona

0 26

INIBORNEO.COM, Ketapang –  Sampai dengan Jum’at (20/03) sebanyak empat orang warga di Ketapang, terkategori orang dalam pemantauan (ODP) wabah virus Corona. Juru bicara Posko penanganan Corona Kabupaten Ketapang, Rustami kepada SOROT 10 mengatakan, empat warga tersebut merupakan warga Kecamatan Benua Kayong dan Sandai.

“Dua warga Benua Kayong menjadi ODP karena mengikuti kegiatan keagamaan di Malaysia. Sedangkan dua warga Sandai, karena berada di RS di Pontianak yang salah satu pasiennya, positif Covid 19 saat mendampingi orang tuanya menjalani operasi di RS tersebut,” jelasnya.

Rustami juga mengatakan, seseorang menjadi ODP apabila dia berkunjung ke daerah atau negara yang terjangkit Corona, ada kemungkinan kontak dengan orang tertular, atau pergi ke RS tempat perawatan pasien Corona yang belum diisolasi serta mengalami pilek, demam dan badan panas.

Penanganan ODP, dikatakan Rustami dengan cara, ODP menjalani isolasi secara mandiri di kediamannya, dengan pengawasan petugas kesehatan, yang akan memberikan upaya pengobatan ke ODP.

“Namun jika ODP, mengalami sesak napas dan suhu tubuhnya diatas 38 derajat, maka akan dirujuk ke rumah sakit untuk menjalani isolasi dan menjadi Pasien Dalam Pengawasan (PDP),” katanya.

Namun, untuk memastikan PDP positif Corona, diperlukan pemeriksaan laboratorium, tegas Rustami.

Sementara, pembiayaan ODP, PDP atau positif Corona, semuanya ditanggung pemerintah daerah.

“Jadi sebaiknya, warga yang memiliki resiko tinggi baik karena baru datang dari negara wabah atau daerah terjangkit atau telah melakukan kontak dengan yang positif Corona, segera menghubungi petugas kesehatan. Baik yang ada di Puskemas maupun Rumah Sakit,” harapnya. (Yas/20/3/2020)

Comments
Loading...