Buat Disinfektan Sendiri Dengan Bahan-bahan Ini

0 146

Wabah virus corona mulai tersebar di berbagai negara, banyak peralatan medis yang mulai habis dipasaran. Hal ini menyebabkan banyak masyarakat tidak kebagian barang tersebut seperti handsanitizer untuk mensterilkan barang- barang disekitarnya.

Dilansir tadi tempo.co, tidak perlu khawatir akan hal tersebut karena terdapat bahan–bahan alternatif antibakteri yang bisa anda coba sendiri.

Situs Times of India dan Real Simple pun membagikan lima bahan diantaranya yang bisa Anda coba. Apa saja?

  1. Cuka putih

Cuka putih yang biasanya kita temukan di rumah makan ternyata memiliki antibakteri yang dapat digunakan untuk desinfektan. Kandungan asam asetat dan air, yaitu bahan pembuatan cuka, ternyata bisa menghilangkan bakteri pada permukaan barang. Walaupun tidak seefektif disinfektan asli, namun cuka putih cukup ampuh dan mudah ditemui.

  1. Vodka

Minuman beralkohol satu ini ternyata menjadi pilihan baik untuk dijadikan disinfektan. Kandungan alkohol pada vodka umumnya berkisar 40-60 persen. Cukup letakkan vodka pada barang yang ingin dibersihkan dan tinggalkan sejenak sebelum akhirnya diusap sehingga

  1. Lemon

Asam sitrat yang terdapat di lemon mampu mengatasi noda alkali seperti buih sabun di kamar mandi dan dapur. Lemon juga dapat digunakan untuk membersihkan permukaan yang tidak berpori dan memurnikan logam yang teroksidasi. Oleh karena itu, lemon memiliki kemampuan pula untuk mengurangi bakteri pada permukaan yang keras.

  1. Minyak Essensial

Tidak hanya wangi, minyak esensial juga bisa dijadikan desinfektan alami. Beberapa jenis minyak esensial yang disarankan itu termasuk pohon teh, serai, geranium, serai, jeruk, dan nilam. Selain mengangkat jamur dan bakteri, minyak esensial yang dicampur dengan vodka bahkan dapat membersihkan bau apek di rumah Anda

  1. Hidrogen Peroksida

Hidrogen peroksida biasanya dikenal bisa membantu menutup luka dan membunuh bakteri. Selain itu, juga bisa dijadikan desinfektan alami. Secara spesifik, ia sangat ampuh membunuh jamur dan bakteri serta menghilangkan noda pada pakaian. Jadi setelah dari luar rumah, baju yang dikenakan bisa di cuci dengan mencampurkan sabun cuci dengan hidrogen peroksida.

Comments
Loading...