banner 728x250

Kaltim Andalkan Jagung Pangan Unggulan Daerah

  • Share
banner 468x60

Iniborneo.com – Pemprov Kalimantan Timur ingin komoditas jagung sebagai unggulan daerah karena memiliki lahan tanam yang luas dan produktivitas tinggi.

Gubernur Kaltim Isran Noor mengatakan lahan dan kawasan pertanian pangan komoditas jagung di Kaltim luas dan produktif yang tersebar merata di kabupaten kota.

banner 336x280

“Walaupun dari sisi komoditas utama Kaltim adalah sektor pertambangan tapi sektor pertanian Kaltim unggul. Kami patut bersyukur di kondisi sulit dan serba terbatas tapi masih bisa panen jagung,” kata Isran Noor dikutip Iniborneo, Jumat (1/10/2021).

Hal itu disampaikannya saat menghadiri panen raya jagung di Desa Loa Ipuh, Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, pada Rabu 29 September 2021. Panen raya jagung itu serentak dilaksanakan di kabupaten dan kota lain seperti Berau, Samarinda, Paser, Kutai Timur dan Penajam Paser Utara.

Dia mengatakan, setiap panen masing-masing daerah mampu menghasilkan hingga 1.000 ton jagung per bulan. Untuk kawasan khusus yang dikelola kelompok tani Saka Makmur saja memiliki hamparan 80 hektare dan luas panen 4,5 Ha terdiri dari varietas bisi 226 dengan produktivias 4,8 ton.

Isran berharap dengan jumlah jagung masih terbatas sehingga belum bisa menghadirkan pabrik pakan ternak.

“Bukan hanya jagung, tapi dedak, kedelai dan tepung ikan. Itu komponen yang harus tersedia mendukung produksi pabrik pakan,” kata Isran.

banner 336x280
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *