Pertamina – Pemkot Pontianak Peringati Hari Lingkungan Hidup dengan Tanam Pohon Bersama

  • Share
banner 468x60

INIBORNEO.COM, Pontianak – Pertamina Marketing Operation Region (MOR) Kalimantan bersama dan Dinas Lingkungan Hidup Kota Pontianak, melakukan penanaman pohon di sekitar lokasi Tempat Pembuangan Sampah (TPA), Batu Layang di Kecamatan Pontianak Utara pada Sabtu, (12/06) lalu.

“Saya mewakili pemerintah menyampaikan terima kasih kepada Pertamina dalam hal ini khususnya IT Pontianak yang sudah memberikan bantuan dan kepeduliannya terhadap perbaikan lingkungan di Pontianak,” ungkap Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono, membuka acara tersebut.

banner 336x280

Dia mengharapkan perusahaan-perusahaan yang ada di Kota Pontianak dapat mencontoh apa yang telah diberikan oleh Pertamina. Tujuan pelaksanaan kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, mengembalikan fungsi lahan dan nantinya pohon dapat menjadi peneduh serta meningkatkan kadar oksigen di area TPA. Selain itu, kegiatan ini sejalan dengan program Pertamina Hijau yang menjadi salah satu visi dan misi Tanggung Jawab Sosial Lingkungan Pertamina.

Dipilihnya TPA Batu Layang sebagai lokasi penanaman pohon dikarenakan selain fungai utama untuk penghijauan lingkungan, Pemerintah Kota Pontianak mencanangkan agar TPA Batu Layang bisa digunakan sebagai tempat belajar mengenai lingkungan yang salah satunya adalah menangkap emisi CO2 dan lainnya yang keluar dari timbunan sampah di TPA.

Integrated Terminal Manager Pontianak, Muharyadi, menyampaikan, Pertamina selain menghasilkan dan menyalurkan energi untuk negeri juga berkomitmen untuk menjaga lingkungan dengan menanam pohon untuk masa depan.  “Dengan menanam, menjaga bumi tetap lestari dan mewariskan kebaikan untuk negeri,” ungkap Ary.

Manager Communication, Relations & CSR Pertamina MOR Kalimantan, Susanto August Satria, menambahkan, penanaman pohon ini juga bertujuan memberikan dampak terhadap perbaikan kualitas udara.  “Diharapkan nantinya lingkungan sekitar TPA akan menjadi asri dan menjadi tempat yang nyaman dengan kualitas udara yang bersih,” ucap Satria.

Turut hadir dalam kegiatan ini Walikota Pontianak dan Kepala Dinas DLH Pontianak serta komunitas penggiat lingkungan yang ada di Kota Pontianak. Penanaman pohon dilakukan bersama tim dari Pertamina dan perusahaan lainnya yang ada di Kecamatan Pontianak Utara.  Pertamina menanam sebanyak puluhan pohon yang terdiri dari pohon Tanjung, pohon Mahoni, dan pohon tabebuya.(*)

banner 336x280
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.