banner 728x250

Festival Saprahan Ikut Meriahkan HUT Kota Pontianak ke 248

  • Share
banner 468x60

INIBORNEO, Pontianak – Jelang HUT Kota Pontianak ke 248, Pemkot mengadakan Festival Saprahan Pelajar SMP Se-Kota Pontianak sebagai ajakan untuk melestarikan budaya melayu. Sebanyak 21 peserta dari berbagai sekolah hadir dengan menggunakan baju adat melayu pada Rabu, 2 Oktober 2019.

“Festival Saprahan dilaksanakan setiap tahun menjelang hari jadi Kota Pontianak dan merupakan salah satu upaya untuk mengembangkan nilai-nilai budaya kepada generasi muda,” ujar Irawan, Asisten I Setda Kota Pontianak, dalam sambutannya yang mewakili Wali Kota Pontianak.

banner 336x280

Saprahan merupakan adat makan bersama duduk di lantai yang dilakukan oleh masyarakat Melayu Pontianak dan memiliki banyak filosofi. Dari sisi etika, saprahan dimaksudkan untuk menghormati pemimpin atau yang di-tua-kan. Selain itu, saprahan juga dijadikan sebagai tanda silaturahmi dan kebersamaan sehingga mampu menjunjung tingga nilai-nilai religius serta budi pekerti.

Dalam festival ini, makanan yang terjadi terdiri dari berbagai macam hidangan seperti paceri nanas, semur daging, nasi kebuli, sayur dalca, kue bingke, pisang dan jeruk dan sebagainya yang disajikan dalam berbagai piring. Tak lupa, air serbat turut dihadirkan sebagai minuman khas masyarakat Melayu.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Syahdan, mengemukakan bahwa selain Festival Saprahan terdapat pula kegiatan lain yang ikut memeriahkan HUT Kota Pontianak. “Akan ada sanggar seni dari setiap kecamatan akan kita tampilkan untuk memotivasi siswa-siswa yang memiliki bakat di bidang seni tari,” ungkapnya.

Festival Saprahan tahun 2019 memberikan 5 juara kepada peserta dan menobatkan juara pertama kepada SMP 14.(*)

banner 336x280
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *